Jogja Air Show Targetkan 20.000 Pengunjung

Pantai Parangtritis. - Harian Jogja
11 Maret 2020 19:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Event tahunan Jogja Air Show (JAS) kembali akan dihelat di Lanud Adisutjipto serta pantai kawasan Parangtritis pada 20 Maret hingga 22 Maret 2020 mendatang. Dinas Pariwisata DIY menargetkan kunjungan sebanyak 20.000 wisatawan dalam perhelatan itu.

Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY Wardoyo menjelaskan JAS menjadi salah satu event unggulan di DIY yang dapat menghadirkan banyak wisatawan. Event itu memang diharapkan dapat mendatangkan banyak wisatawan terutama dari luar DIY untuk datang ke Jogja. Namun di sisi lain sebagai upaya untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap potensi kedirgantaraan, karena banyak ditampilkan sejumlah olahraga dirgantara.

"Kami menargetkan angka di 20.000 pengunjung baik yang di kawasan pantai maupun di Lanud. Semoga angka itu tercapai, memberikan nilai positif di tengah adanya virus corona. Harapannya wisatawan tetap datang untuk Jogja Air Show ini dengan aman dan nyaman," katanya dalam konferensi pers di Kepatihan, Rabu (11/3/2020).

Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Feri Yunaldi menambahkan JAS kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang lebih banyak fokus di area pantai Depok dan sekitarnya. Tetapi saat ini JAS dihelat di Taxy Way Lanud Adisutjipto terutama saat puncak acara pada 21 Maret 2020. Dalam kegiatan itu juga dihelat kejuaraan untuk paralayang dan gantole yang hingga Rabu (11/3/2020) sudah ada 130 pendaftar. Selain itu ada sejumlah cabang olahraga dirgantara lainnya yang akan meramaikan seperti microlight.

"Sedangkan untuk peserta lomba aeromodeling dan microdrone ini pendaftarnya juga berasal dari beberapa kota di Indonesia, target kami hanya 50 peserta saja setiap cabang olahraga karena waktu pelaksanaannya hanya sehari," katanya.

Ia menambahkan para pengunjung juga akan diberi sejumlah sajian sejumlah atraksi udara dalam perhelatan itu seperti Aerobatic Pitts, Terjun Payung Militer dari Paskhas TNI AU, Dragon Banner, Banner Flight, Joy Flight serta sejumlah static show pesawat latih serta simulator pesawat.

Mantan Leader The Jupiter ini menegaskan pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah prosedur tetap pengamanan untuk membuat setiap acara berjalan lancar sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Meski sejumlah kegiatan atraksi udara dihelat di Adisutjipto, menurutnya tidak menganggu penerbangan komersial. Rencananya ada penutupan sementara antara pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB untuk komersial. "Kami pastikan tidak menganggu penerbangan komersial, slot waktunya sudah kami atur dan pertimbangkan sedemikian rupa," ucapnya.