Tanggul Jebol, Puluhan Rumah di Gondokusuman Terendam Air Satu Meter

Ilustrasi banjir. - Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone
11 Maret 2020 19:57 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Hujan deras yang mengguyur wilayah Jogja pada Rabu (11/3/2020) mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir.

Puluhan rumah warga di wilayah Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta terendam banjir hingga satu meter, Rabu (11/3/2020). Banjir terjadi akibat jebolnya tanggul Sungai Belik lantaran tidak kuat menahan derasnya arus setelah diguyur hujan lebat.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam bencana itu, namun banjir mengakibatkan perabot rumah tangga terbawa arus termasuk sejumlah kendaraan terendam.

Warga Klitren, Dian mengatakan, arus banjir yang sangat deras datang tiba-tiba setelah tanggul Sungai Belik di dekat permukiman warga jebol.

“Tanggul yang jebol sepanjang sekitar lima meter dengan tinggi dua meter. Tanggul ini mungkin tidak kuat mehanan derasnya arus sungai yang meluap akibat hujan deras selama hampir satu jam,” katanya.

Warga lainnya, Bayu Murwanto berharap tanggul yang jebol tersebut segera diperbaiki agar banjir tidak kembali menggenangi rumah-rumah warga mengingat intensitas hujan masih tinggi.

“Harapan warga tanggul ini cepat diperbaiki supaya kami tidak waswas kalau turun hujan deras lagi,” katanya.

Sumber : iNews.id