Advertisement

Sultan Gembira Penerbangan Segera Pindah ke YIA, Check In Bisa di Stasiun Tugu

Sunartono
Rabu, 11 Maret 2020 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Sultan Gembira Penerbangan Segera Pindah ke YIA, Check In Bisa di Stasiun Tugu Pesawat komersial maskapai Citilink mendarat di landasan Yogyakarta International Airport (YIA) saat "Proving Flight" di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengungkapkan rasa kegembiraannya terkait dengan rencana operasional secara penuh Yogyakarta International Airport (YIA).

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan kegembiraannya jika seluruh penerbangan akan segera beralih ke YIA. Artinya proses pembangunan bandara di Kulonprogo cepat terselesaikan. Dengan YIA beroperasi secara penuh harapannya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di DIY.

Advertisement

"Kalau saya makin cepat selesai, makin cepat operasional makin senang. Karena akan mendapatkan penumpang [sehingga] tourism di Jogja tumbuh," katanya di Kepatihan, Rabu (11/3/2020) petang.

Sultan mengakui selama ini memiliki harapan yang besar jika YIA bisa beroperasi secara penuh. "Jadi saya oyak-oyak terus, bisanya hanya karena itu," ujarnya.

Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi menambahkan pihaknya sudah mempersiapkan segala hal terkait rencana pemindahan semua penerbangan dari Adisutjipto ke YIA. Sehingga Adisutjipto hanya dipakai untuk mendarat pesawat propeler. Dari sisi fasilitas di YIA, semua telah tersedia. Saat ini tinggal penyelesaian sejumlah kelengkapan sekitar YIA.

"Sudah siap tinggal finalisasi, bandara ini kan banyak menampilkan kearifan lokal ada ornamen mencirikan budaya khas Yogyakarta saat ini tahap finalisasi, tinggal bagaimana mempercantik. Dikasih tanaman, karena ini akan jadi Bandara yang istimewa," katanya usai bertemu Sultan.

Dari sisi akses, lanjutnya, juga sudah dipersiapkan, angkutan umum dari Kota Jogja menuju YIA sudah disiapkan di beberapa titik. Adapun jadwal keberangkatannya setiap 30 menit, baik ada penumpang maupun tidak, bus akan tetap jalan.

Selain itu pihaknya juga menyediakan city check in, sehingga calon penumpang tidak harus melakukan check in di YIA, melainkan bisa di Stasiun Tugu, Adisutjipto maupun Stasiun Ambarketawang.

"Banyak kemudahan yang kami siapkan, masalah akses semoga sudah, dengan harga yang bagus. Kalau pakai bus sekitar Rp25.000, sangat terjangkau," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement