Perbaikan Jalan di Gunungkidul Fokus di Jalur Wisata

Ilustrasi
12 Maret 2020 20:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul mulai mempersiapkan proses pembangunan dan perbaikan jalan. Khusus tahun ini seluruh program hanya untuk membangun jalan menuju jalur wisata.

Kasi Pemeliharaan Bidang Bina Marga DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana, mengatakan tahun ini pembangunan atau perbaikan difokuskan untuk akses menuju destinasi wisata. Hal ini berbeda dengan program di tahun sebelumnya yang menyisihkan program untuk pembangunan jalan umum.

Sebagai gambaran, kata Wadiyana, di 2019 ada perbaikan jalan yang bukan akses ke destinasi wisata seperti jalur alternatif penghubung Semin-Ponjong atau Nglipar-Wotgaleh. Menurut dia, kondisi ini terjadi karena kemampuan anggaran yang masih sangat terbatas dan di saat bersamaan akan digelar pilkada yang membutuhkan biaya besar. “Tahun ini semua proyek fokus di jalur wisata,” kata Wadiyana, Kamis (12/3/2020).

Rencana perbaikan jalan di tahun ini meliputi penyelesaian jalur Kepek-Ngrenehan, di Kecamatan Saptosari; peningkatan jalan menuju Gua Cermai di Kecamatan Purwosari; perbaikan jalan menuju Gua Pindul, serta akses menuju Pantai Ngeden.

Total untuk pembangunan jalur ini membutuhkan anggaran Rp47,5 miliar. Adapun sumber pembiayaan ada yang berasal dari APBD 2020 hingga bantuan Pemerintah Pusat melalui dana alokasi khusus (DAK). Wadiyana menjelaskan saat ini sekarang program masih dalam tahap persiapan lelang guna mencari rekanan yang mengerjakan proyek. “Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan pembangunan bisa segera direalisasikan,” katanya.

Kepala DPUPRKP Gunungkidul, Eddy Praptono, menyatakan pembangunan akses menuju jalur wisata sesuai dengan visi misi Bupati, yakni memberikan kemudahan akses bagi pengujung sehingga perkembangan sektor pariwisata tumbuh dengan pesat. “Masih ada jalur menuju objek wisata yang belum memadai, tapi upaya perbaikan terus dilakukan,” katanya.