Advertisement

Penjelasan Dokter RSUD Wates soal Pasien Terkait Corona yang Dirujuk ke Sardjito

Lajeng Padmaratri
Kamis, 12 Maret 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Penjelasan Dokter RSUD Wates soal Pasien Terkait Corona yang Dirujuk ke Sardjito Foto Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Humas RSUD Wates Kulonprogo untuk penanganan Covid-19, Albertus Sunuwata Triprasetya menuturkan saat ini RSUD Wates baru saja merujuk pasien dalam pengawasan (PDP) ke RSUP Dr. Sardjito pada Rabu (11/3/2020) kemarin.

Pasien yang dirujuk tersebut berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Pasien dirujuk ke RSUP Dr Sardjito untuk diambil spesimennya guna pengecekan laboratorium di Litbangkes Kementerian Kesehatan.

Advertisement

Ia tak menjelaskan secara khusus kondisi pasien tersebut saat dirujuk dan alasan khusus kenapa dirujuk, apakah ada indikasi terjangkit corona atau tidak .

"Untuk menegakkan diagnosis perlu dicek laboratorium, paling cepat hasilnya keluar tiga hari. Setelah positif baru itu dinyatakan corona. Kalau negatif tetap dirawat saja untuk pemulihan," kata Sunu, Kamis (12/3/2020).

Sebelumnya diberitakan pada Selasa (10/3/2020) RSUD Wates merawat lima orang dalam pemantauan (ODP) terkait antisipasi virus Corona, lantaran pasien baru pulang umrah.

Dikatakan Sunu ada kesalahpahaman. Sebelum merujuk satu pasien ke RSUP Dr. Sardjito, RSUD Wates hanya merawat dua pasien dengan satu pasien berstatus ODP dan satu lagi berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

"Yang dipulangkan tiga. Lainnya itu ada kesalahpahaman, itu bukan terkait corona, hanya karena pulang umrah saja tapi tidak transit di negara terjangkit. RSUD Wates tidak merawat lagi, kami statusnya nol," kata Sunu Kamis (12/3/2020) siang.

Satu pasien berstatus ODP sudah dipulangkan untuk rawat jalan. Dikatakannya, yang bersangkutan sempat transit di India dan saat ini dalam pemantauan puskesmas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 31 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement