Gerindra-Nasdem Bersatu Usung Suharsono-Totok di Pilkada Bantul

ilustrasi. - dok
13 Maret 2020 16:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Partai Gerindra dan Nasdem menyatakan berkoalisi dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) Bantul 2020 ini. Kedua partai ini juga sepakat mengusung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Suharsono dan Totok Sudarto.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Nasdem Bantul, Bibit Rustamta mengatakan alasan Nasdem mendukung Suharsono-Totok Sudarto karena pasangan tersebu cukup ideal untuk memimpin Bantul empat tahun ke depan. Suharsono merupakan inkumben yang diklaim memiliki keterlipihan cukup kuat. Sementara Totok Sudarto berlatar belakang birokrat yang juga aktif di organisasi masyarakat (Ormas) keagamaan dan berbagai komunitas.

“Kebetulan Pak Totok Sudarto juga ikut mendaftar dalam penjaringan di Nasdem tingkat DIY. Jadi kami putuskan pak Totok untuk mendapingi pak Suharsono dengan kapasitasnya yang dimiliki,” kata Bibit, seusai menyatakan koalisi dan dukungan Nasdem untuk Suharsono dan Totok Sudarto di kediaman Suharsono di Jalan Parangtritis, KM 6,5 Sewon, Bantul, Jumat (13/3/2020) siang.

Bibit mengatakan dukungan untuk Suharsono dan Totok setelah melalui proses komunikasi politik antara Nasdem dan Gerindra. Pihaknya juga sudah melakukan proses penjaringan dan survei internal yang hasilnya lebih dominan pada Suharsono. “Kami menjatuhkan pilihan kepada pasangan ini [Suharsono-Totok Sudarto],” ujar Bibit.

Dengan bergabungnya Nasdem ke Gerindra, maka syarat administrasi pasangan Suharsono dan Totok Sudarto sudah cukup untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab pendaftaran pasangan calon minimal memiliki 20 persen kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Gerindra memiliki delapan kursi dan Nasdem satu kursi.

Meski demikian, Bibit menyatakan partainya bersama Nasdem masih berharap partai lainnya untuk bergabung terutama partai yang belum menentukan pilihan. Saat ini pihaknya tinggal mensolidkan internal Nasdem dan Gerindra dalam mengawal Suharsono dan Totok Sudarto.

Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwinto memastikan dukungan Gerindra untuk calon bupati Bantul jatih pada Suharsono. Kepastian itu diperoleh setelah Suharsono dan dirinya bersama pengurus DPW Gerindra DIY dipanggil DPP pada Selasa lalu. Ada tiga poin dalam pertemuan dengan DPP tersebut.

“Poin pertama DPP Gerindra menegaskan dan memutuskam akan usung dan akan merekomendasikan satu nama sebagai bagai calon bupati, yakni Bapak Drs Suhatsono. Poin kedua DPP memberikan tugas kepada Bapak Suahrsono sekaligus sebagai calon dari Gerindra untuk mencari dan memutuskan siapa wakilnya,” kata Darwinto.

Sementara poin ketiga, kata Darwinto, Suharsono diberi perintah untuk mencari mitra koalisi. Darwinto mengatakan soal teka-teki wakil Suharsono sudah dinyatakan langsung oleh Suahrsono dan Gerindra telah memberikan hak istimewa kepada Suharsono untuk mencari dan memilih wakilnya.

Suharsono menyatakan dengan kewenangan yang telah diberikan partai kepadanya untuk memilih wakil, maka dirinya memastikan sudah memilih Totok Sudarto sebagai bakal calon pendampingnya dalam pilkada 2020 ini. “Saya rencana ambil calon wakil Pak Totok,” kata Suharsono.

Pensiunan Polri ini menilai Totok sudah cukup berpengalaman dalam birokrasi dan kemasyarakatan. Selain itu Totok juga sudah purna tugas sebagai ASN sehingga beban untuk memikirkan keluarga sudah berkurang sehingga dinilai dapat fokus membangun Bantul dan mensejahterakan masyarakat Bantul. (Ujang Hasanudin)

Caption:

Bakal Calon Bupati Bantul, Suharsono (tengah) berfoto bersama Ketua DPC Nasdem Bantul. Bibit Rustamta (dua dari kiri) serta pengurus kedua partai tersebut di kediaman Suharsono di Sewon, Bantul, Jumat (13/3)

Ketua DPC Nasdem Bibit Rustamta menunjukan surat dukungan untuk Suharsono dan Totok Sudarto sebagai bakal calon bupati dan wakil Bupati Bantul.