Advertisement

Disdikpora Gunungkidul Klaim Sekolah Sudah Siap Laksanakan UNBK

David Kurniawan
Minggu, 15 Maret 2020 - 20:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Disdikpora Gunungkidul Klaim Sekolah Sudah Siap Laksanakan UNBK Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULUjian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP baru dilaksanakan 20-23 April mendatang. Meski demikian, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga mengklaim sekolah di Gunungkidul siap melaksanakan ujian tersebut.

Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, berbagai persiapan untuk UNBK di tahun ini sudah dilakukan. Untuk fasilitas pendukung seperti komputer dan jaringan, ia mengaku tidak masalah karena sekolah sudah memiliki perangkat tersebut. “Sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari dan siap untuk digunakan,” katanya kepada wartawan di akhir pekan lalu.

Advertisement

Menurut dia, untuk antisipasi juga dipersiapkan tim desk help yang siap membantu apabila terjadi permasalahan saat ujian berlangsung. Selain itu, untuk kelancaran juga akan berkoordinasi dengan PLN agar selama ujian berlangsung tidak ada pemadaman listrik yang bisa mengganggu siswa dalam mengerjakan soal-soal.

Ditambahkannya, untuk tahun ini ada 9.237 siswa yang akan mengikuti UNBK. Bahron pun berharap semua berjalan dengan lancar dan para siswa dapat memperoleh hasil yang maksimal. “Mudah-mudahan hasilnya baik semua,” katanya.

Kepala Sekolah SMP Negeri I Karangmojo, Suhartati mengatakan, sekolahnya siap melaksanakan UNBK yang diwacanakan menjadi yang terakhir kalinya. Menurut dia, berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari infrastruktur pendukung kelancaran ujian, serta kesiapan para siswa dalam menjalani ujian.

Dia menjelaskan, untuk infrastruktur pendukung, SMP Negeri I Karangmojo sudah memiliki jaringan komputer yang siap digunakan saat UNBK berlangsung. Sedangkan dari sisi jaringan juga tidak ada masalah karena server yang dimiliki masih berfungsi dengan baik. “Server ok. Kami juga mempersiapkan teknisi untuk memastikan semua peralatan berfungsi dengan baik,” katanya.

Suhartati menambahkan, untuk siswa juga telah diberikan persiapan untuk pelaksanaan UNBK. Selain menggelar simulasi soal dalam ujian, para siswa juga dipersiapkan mulai dengan adanya tambahan belajar melau les, belajar mandiri dengan teman sebaya hingga pemberian motivasi kepada siswa agar bisa lebih berprestasi.

Suhartati pun mengakui para guru juga terus fokus untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian. Rencananya ujian akan dilaksankan mulai 20-23 April mendatang. “Intinya kami ingin memperoleh hasil yang baik. Jadi, persiapan yang dilakuakn sudah dilaksanakan sejak jauh-jauh hari,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement