Pos Ronda Kalinongko Kulonprogo Wakili Lomba Poskamling

Ilustrasi pengecatan pos kamling - Ist
15 Maret 2020 15:07 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Poskamling Kalinongko RT 68/34, Dusun Kalinongko, Kalurahan Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh pada Jumat (13/3/2020) malam lalu mewakili kapanewon ini untuk melaju ke lomba pos keamanan keliling (poskamling) tingkat kabupaten yang diadakan oleh Polres Kulonprogo.

PJ Lurah Pagerharjo, Jumaryadi mengapresiasi prestasi ini dan berharap pos ini bisa membawa kemenangan pada tahap berikutnya. Dikatakannya, poskamling ini selalu rutin mengadakan penjagaan keamanan di lingkungan warga setiap malam.

"Sudah terbiasa "lek-lek-an cegah wungon" di pos ronda sesuai jadwal. Di sini juga berlatih membunyikan kentongan, jadi setiap malam terdengar kentongan dengan diselingi lagu-lagu," jelasnya.

Lomba poskamling ini sudah berlangsung pada tingkat kabupaten putaran ke-10. Sementara itu, masih ada dua poskamling lagi yang akan dinilai pada 16-17 Maret yaitu poskamling di Kapanewon Nanggulan dan Wates. Dari hasil penjurian di 12 kapanewon ini nantinya akan diperoleh juara poskamling tingkat kabupaten.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Kulonprogo, AKP Sutarno menjelaskan tujuan diadakannya lomba ini agar warga masyarakat mempunyai kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan lingkungan bersama. Sebab tugas menjaga keamanan bukan hanya kewajiban dari aparat saja namun semua warga punya kewajiban yang sama.