Tempat Pelayanan Umum di Gunungkidul Disemprot Disinfektan

Petugas Dinas Kesehatan menyemprotkan disinfektan di ruangan SPKT Mapolres Gunungkidul, Selasa (17/3/2020) - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
17 Maret 2020 22:27 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul terus berupaya mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satunya dengan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat pelayanan umum.

Petugas Entomolog Kesehatan Ahli I Bidang Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Gunungkidul, Eko Mujiarto, mengungkapkan penyemprotan menyasar sejumlah fasilitas pelayanan umum bagi masyarakat seperti Polres Gunungkidul hingga seluruh puskesmas di Bumi Handayani. "Alat semprot yang digunakan merupakan alat yang dimodifikasi," kata Eko kepada wartawan, Selasa (17/3/2020).

Ia mengungkapkan alat itu merupakan alat penyemprot lalat yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat menghasilkan semprotan yang merata dan maksimal. Untuk cairan disinfektan menggunakan bahan-bahan sederhana dan mudah ditemukan oleh masyarakat. "Dengan alat penyemprot ini menghasilkan kabut, hasilnya merata dan tidak terlalu boros disinfektan," katanya.

Eko menjelaskan dengan menggunakan bahan dan alat sederhana, Dinkes ingin mencontohkan agar masyarakat bisa membuat secara mandiri menggunakan bahan-bahan yang cukup sederhana.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Nuvyan, mengungkapkan penyemprotan layanan umum di Mapolres Gunungkidul menyasar wilayah yang ramai dikunjungi masyarakat seperti pelayanan SIM, ruang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), ruangan perpanjangan BPKB hingga ruangan per satuan. "Kami juga meminta tempat-tempat pelayanan umum lainnya termasuk masjid untuk menyediakan alat cuci tangan seperti air bersih, hand sanitizer," ujarnya.