Akibat Wabah Corona, Pelaksanaan SKB CPNS 2019 Ditunda

Ilustrasi CPNS. - Antara Foto/Adwit B Pramono
18 Maret 2020 00:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Rencana tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2019 ditunda menyusul wabah virus corona yang semakin meluas. Penundaan pelaksanaan SKB diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Selasa (17/3/2020).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dalam suratnya No.B/318/M.SM.01.00/2020 mengatakan penundaan pelaksanaan SKB CPNS Formasi 2019. Pelaksanaan SKD baik yang menggunakan CAT BKN maupun SKB yang dilakukan oleh instansi ditunda. Rencana semula, pelaksanaan SKB dimulai pada 25 Maret mendatang.

"Pelaksanaan SKB ditunda sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Panselnas, hasilnya akan disampaikan dalam bentuk Surat Edaran," kata Tjahjo dalam surat yang diterima Harianjogja.com, Selasa (17/3/2020).

Bagi instansi dan pemerintah daerah yang sudah melakukan tender atau kontrak dengan pihak ketiga terkait pelaksanaan SKB, kata Tjahjo, diharapkan berkoordinasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa serta Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara).

"Mengenai masalah ini [tender] dilakukan dengan kaidah sesuai kahar [keadaan yang terjadi di luar kehendak para pihak dan tidak dapat diperkirakan sebelumnya] sehingga kewajiban yang ditentukan dalam kontrak tidak dapat dipenuhi," katanya.

Terkait penundaan pelaksanaan SKB tersebut, Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta, Anjaswari Dewi membenarkan. Hanya saja, lanjut dia, merujuk pada ketentuan surat tersebut panitia seleksi di masing masing instansi dan pemerintah daerah diminta untuk tetap mengumumkan hasil seleksi kompetensi dasar (SKD).

"Pengumuman hasil tes SKD tetap diumumkan sesuai jadwal, mulai 22-23 Maret melalui portal resmi masing-masing instansi," katanya.

Terkait masalah ini, Wakil Panitia Seleksi CPNS Pemkab Sleman Priyo Handoyo hingga kini masih belum dapat dikonfirmasi.