Advertisement

Akibat Wabah Corona, Pelaksanaan SKB CPNS 2019 Ditunda

Abdul Hamied Razak
Rabu, 18 Maret 2020 - 00:17 WIB
Nina Atmasari
Akibat Wabah Corona, Pelaksanaan SKB CPNS 2019 Ditunda Ilustrasi CPNS. - Antara Foto/Adwit B Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Rencana tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2019 ditunda menyusul wabah virus corona yang semakin meluas. Penundaan pelaksanaan SKB diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Selasa (17/3/2020).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo dalam suratnya No.B/318/M.SM.01.00/2020 mengatakan penundaan pelaksanaan SKB CPNS Formasi 2019. Pelaksanaan SKD baik yang menggunakan CAT BKN maupun SKB yang dilakukan oleh instansi ditunda. Rencana semula, pelaksanaan SKB dimulai pada 25 Maret mendatang.

Advertisement

"Pelaksanaan SKB ditunda sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Panselnas, hasilnya akan disampaikan dalam bentuk Surat Edaran," kata Tjahjo dalam surat yang diterima Harianjogja.com, Selasa (17/3/2020).

Bagi instansi dan pemerintah daerah yang sudah melakukan tender atau kontrak dengan pihak ketiga terkait pelaksanaan SKB, kata Tjahjo, diharapkan berkoordinasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa serta Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara).

"Mengenai masalah ini [tender] dilakukan dengan kaidah sesuai kahar [keadaan yang terjadi di luar kehendak para pihak dan tidak dapat diperkirakan sebelumnya] sehingga kewajiban yang ditentukan dalam kontrak tidak dapat dipenuhi," katanya.

Terkait penundaan pelaksanaan SKB tersebut, Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta, Anjaswari Dewi membenarkan. Hanya saja, lanjut dia, merujuk pada ketentuan surat tersebut panitia seleksi di masing masing instansi dan pemerintah daerah diminta untuk tetap mengumumkan hasil seleksi kompetensi dasar (SKD).

"Pengumuman hasil tes SKD tetap diumumkan sesuai jadwal, mulai 22-23 Maret melalui portal resmi masing-masing instansi," katanya.

Terkait masalah ini, Wakil Panitia Seleksi CPNS Pemkab Sleman Priyo Handoyo hingga kini masih belum dapat dikonfirmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan IKN Capai 80 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement