Advertisement

Guru Besar UGM Dipastikan Positif Terinfeksi Corona

Lajeng Padmaratri
Rabu, 18 Maret 2020 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Guru Besar UGM Dipastikan Positif Terinfeksi Corona Ilustrasi virus Corona. - REUTERS/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--RSUP Dr. Sardjito kini merawat satu lagi pasien positif Covid-19. Pasien tersebut merupakan seorang guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM).

Fakta ini akhirnya dirilis dalam jumpa pers bersama awak media di Ruang Bulat, Gedung Administrasi Pusat RSUP Dr. Sardjito pada Rabu (18/3/2020). Dalam kesempatan ini Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni, Paripurna Poerwoko Sugarda mengonfirmasi bahwa guru besar tersebut merupakan Prof. dr. Iwan Dwiprahasto.

Advertisement

"Dengan ini atas persetujuan keluarga, UGM mengonfirmasikan atas nama Rektor, bahwa beliau saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit karena menderita Covid-19," kata Paripurna.

Informasi ini mengonfirmasi beragam desas-desus yang sejak beberapa hari terakhir beredar di beberapa grup Whatsapp yang menyebutkan bahwa Iwan dinyatakan positif Covid-19. Namun, isu di Whatsapp itu dibantah pihak UGM lantaran hasil tesnya baru keluar dari Balitbangkes Kemenkes pada Rabu siang ini pukul 12.00 WIB.

Paripurna meyakinkan bahwa dengan dirilisnya identitas ini sudah melalui persetujuan keluarga. UGM selalu melakukan komunikasi intensif dengan keluarga. Lebih jauh, keluarga justru ingin hal ini menjadi bekal untuk dilakukan tracing siapa saja yang kontak dengan yang bersangkutan dalam kurun waktu tiga minggu terakhir.

"Saya belum dapat info riwayat terakhir beliau. Beberapa hari yang lalu yang bersangkutan masuk RS Sardjito. Kami belum bisa menanyai keluarga [terkait riwayat kontak Iwan] karena suasana kalut, ya. Jadi kami hanya imbau yang pernah kontak tiga minggu terakhir dengan beliau untuk silakan memeriksakan diri," terang Paripurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement