Universitas Widya Mataram Tingkatkan Literasi Baca dengan Bentuk UKM Pers 

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono (tengah) menerima kunjungan dari pihak Universitas Widya Mataram, Kamis (19/3/2020). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
19 Maret 2020 21:47 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Universitas Widya Mataram berencana membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers dalam waktu dekat. Program ini sekaligus untuk membantu meningkatkan budaya baca dan tulis mahasiswa. 

Wakil Rektor III Universitas Widya Mataram Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Humas, Kerjasama, dan Kebudayaan, Puji Qomariyah menyampaikan inisiatif untuk membentuk UKM Pers muncul dari mahasiswa sendiri. 

"Kami menyambut positif niat mereka [mahasiswa] karena selama ini mahasiswa masih kesulitan dalam membuat tulisan saat sudah memasuki masa skripsi. Mereka bingung bagaimana harus memulainya [menulis]," kata Puji saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Kamis (19/3/2020). 

Menjelang tingkat akhir, mahasiswa sebenarnya juga sudah mengikuti workshop penulisan sebagai bekal mereka saat membuat skripsi. Namun kegiatan itu hanya dilakukan sekali sehingga tingkat penangkapan dan pemahaman mahasiswa tentang penulisan masih sebatas permukaan. 

Untuk itu, kata Puji, melalui kegiatan UKM Pers yang akan dibentuk nanti, akan memunculkan kebiasaan mahasiswa menulis. "Jadi ada UKM Pers sekaligus tempat untuk mereka belajar menulis," jelas dia. 

Puji mengatakan untuk mendukung kegiatan UKM Pers tersebut, pihak kampus berupaya menjalin kerjasama dengan perusahaan media massa di Jogja salah satunya Harian Jogja. Kerjasama yang dijalin salah satunya dalam bentuk mengirimkan mahasiswa untuk magang di bidang produksi berita. 

"Kami butuh bantuan Harian Jogja untuk membelajari mahasiswa kami seperti cara membuat rilis yang bagus, cara menulis, dan juga memotret," kata Puji. 

Sementara itu Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono menyambut baik rencana kerjasama yang ingin dijalin Universitas Widya Mataram dengan Harian Jogja. 

"Pada prinsipnya kami terbuka. Di Harian Jogja juga banyak universitas yang bekerja sama dengan kami [Harian Jogja]. Seperti mahasiswa magang atau mengisi rubrik," katanya.