Advertisement

PDP Asal Kulonprogo Negatif Corona

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 19 Maret 2020 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PDP Asal Kulonprogo Negatif Corona Petugas Dinas Kesehatan menyemprotkan disinfektan di ruangan SPKT Mapolres Gunungkidul, Selasa (17/3/2020) - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Dinas Kesehatan Kulonprogo memastikan, satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kulonprogo yang pada pekan lalu dirujuk ke RSUP Sardjito dinyatakan negatif Corona (Covid-19).

"Alhamdulillah kemarin yang satu PDP, dan kita rujuk ke RSUP Sardjito itu, pada Senin [16/3/2020] sudah dinyatakan negatif," ujar Pelaksana Tugas Dinkes Kulonprogo, Sri Budi Utami, kepada awak media, Rabu (18/3/2020).

Advertisement

Sri mengatakan, jawatannya telah melakukan tracking di lingkungan tempat tinggal PDP, termasuk memeriksa kondisi kesehatan keluarga serta tetangga pasien yang bersangkutan. Hasilnya untuk sementara dinyatakan sehat.

"Alhamdulillah dari seluruh anggota keluarga kemudian tujuh kepala keluarga yang ada di sekitarnya [PDP] sebanyak 15 orang sampai hari ini sehat, mudah-mudahan memang tidak ada penularan apapun," ucapnya.

Seperti diketahui pasien ini sebelumnya dirawat di RSUD Wates. Kemudian dirujuk ke RSUP Sardjito pada Rabu (11/3/2020), untuk diambil spesimennya guna pengecekan laboratorium di Litbangkes Kemenkes.

Meski pada akhirnya dinyatakan negatif Covid-19 pasien tersebut kini masih dalam pemantauan tim medis setempat.

Terkait penangan PDP di RSUD Wates, Dirut RSUD Wates, Lies Indriyani mengatakan pihaknya telah membangun ruang isolasi. Di samping itu juga telah dibentuk satgas yang secara khusus menangani PDP dan memberikan layanan kepada warga masyarakat yang hendak mencari informasi tentang virus tersebut.

Otoritas rumah sakit ini juga telah mengajukan penambahan alat pelindung diri seperti kacamata goggle dan gaun disposable ke Dinas Kesehatan DIY. 

Data surveilans COVID-19 Dinkes Kulonprogo per Rabu (18/3/2020):

ODC : 146 orang
ODP : 12
PDP : 1 Hasil negatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement