Volume Penumpang di Stasiun Wates Masih Stabil

Calon penumpang kereta api membersihkan tangannya menggunakan handsanitazier di pintu masuk peron Stasiun Wates, Kamis (19/3 - 2020).?Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
19 Maret 2020 13:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Pandemi virus Corona (Covid-19) sejauh ini belum berdampak terhadap volume penumpang di Stasiun Wates, Kulonprogo. Jumlah pengguna jasa layanan transportasi kereta api melalui stasiun tersebut rata-rata masih 800 orang per hari.

Kepala Stasiun Wates, Aris Sukendar mengatakan hingga saat ini jumlah penumpang per hari berkisar 700-750 untuk turun, dan 800-850 untuk naik. Jumlah itu sudah termasuk penumpang kereta jarak jauh dan kereta bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

"Sekarang bisa dibilang masih stabil, tidak ada peningkatan maupun penurunan [jumlah penumpang]," ujar Aris, Kamis (19/3/2020).

Meski tergolong normal, pihak Stasiun Wates, tetap melakukan upaya antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan stasiun. Di antaranya, menyediakan handsanitazier dan tisu di pintu masuk peron. Fasilitas umum seperti musala dan kamar mandi juga rutin dibersihkan.

Pihak stasiun juga menyediakan termal gun guna memeriksa suhu tubuh calon penumpang. Apabila suhu tubuh mencapai 38 derajat Celcius, maka calon penumpang harus mendapat rekomendasi terlebih dahulu dari unit kesehatan setempat jika hendak menggunakan fasilitas transportasi kereta.

Salah satu calon penumpang yang hendak bertolak ke DKI Jakarta, Indra Sukma Nagara, 41, mengatakan upaya penanganan Covid-19 di Stasiun Wates sudah terbilang baik. Mirip-mirip seperti yang telah diterapkan di sejumlah stasiun di Jakarta.

"Sudah baik sih, kaya di Jakarta, tapi mungkin bisa ditambah petugas kebersihannya demi mencegah sebaran virus," ucapnya.