Update Corona: Di Kulonprogo Ada 24 ODP, Warga Harus Waspada

Foto ilustrasi: Sampel darah untuk pengujian virus Corona. - Reuters
22 Maret 2020 21:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Orang dalam pemantauan (ODP) yang diduga terpapar virus Corona di Kulonprogo hingga Minggu (22/03/2020) sebanyak 24 orang, terbanyak berada di Kecamatan Pengasih. Jumlah itu adalah akumulasi sejak ODP pertama kali diidentifikasi di Kulonprogo.

Berdasarkan data yang dihimpun Harian Jogja dari Kulonprogo Tanggap Corona, Minggu pukul 18.00 WIB menyebutkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak dua orang dan salah satu dari mereka sudah sembuh. Keduanya merupakan warga Wates dan Sentolo. Sedangkan kecamatan lainnya belum ditemukan kasus PDP.

Setelah Pengasih, jumlah ODP terbanyak berikutnya adalah Kecamatan Temon, Wates, Sentolo dan Kokap. Kecamatan Panjatan, Galur, Nanggulan dan Samigaluh masing-masing memiliki kasus ODP dua orang. Dari beberapa kecamatan di Kulonprogo, ada sejumlah wilayah yang diketahui belum ada kasus ODP yakni Kecamatan Lendah, Girimulyo dan Kalibawang.

Plt Kelapa Dinas Kesehatan Pemkab Kulonprogo Sri Budi Utami ketika dikonfirmasi Minggu malam membenarkan data adanya dua kasus PDP dan 24 kasus ODP di Kulonprogo. Dia mengimbau masyarakat untuk waspada dan menerapkan hidup sehat termasuk sering cuci tangan dengan sabun.