Cegah Penyebaran Corona, FKPPI Bantul Gelar Penyemprotan Disinfektan ke Rumah Warga

Sukarelawan FKPPI Bantul saat melakukan penyemprotan disinfektan ke pagar rumah warga untuk mencegah penyebaran virus corona di Sorowajan Baru, Banguntapan, Bantul, Selasa (24/3/2020). - Harian Jogja/Sunartono.
25 Maret 2020 06:37 WIB Sunartono Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Wabah virus Corona penyebab Covid-19 menimbulkan keprihatinan banyak pihak. Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI Polri (FKPPI) Bantul melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah rumah warga di Sorowajan Baru, Banguntapan, Bantul, Selasa (24/3/2020). Kegiatan sosial ini diharapkan dapat mencegah terjadinya penyebaran penyakit mematikan itu.

Sekretaris FKPPI Cabang Bantul Eko Setyanto menjelaskan kegiatan sosial penyemprotan itu dilakukan karena banyak permintaan warga terutama di permukiman yang belum disasar penyemprotan disinfektan.

Pada Selasa (24/3/2020) ia bersama sejumlah sukarelawan yang berjumlah lima orang dari Pengurus Cabang 05 FKPPI Bantul melakukan penyemprotan di RT 19, Sorowajan Baru, Banguntapan. Semua anggota timnya menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai standar operasional prosedur (SOP). Sasaran penyemprotan adalah area outdoor terutama halaman depan dan pagar, tetapi ada penyemprotan di area dalam rumah untuk beberapa rumah warga. 

"Sasarannya di titik yang sekiranya banyak kontak dengan manusia, seperti gagang regol pintu itu kan sering dipegang, serta kendaraan bermotor juga ada yang minta disemprot," katanya, Selasa (24/3/2020).

Eko menambahkan, permintaan penyemprotan mandiri di kalangan warga sebenarnya banyak, karena saat ini penyemprotan yang dilakukan pemerintah masih menyasar fasilitas umum. Mereka rata-rata tidak memiliki alat yang digunakan untuk menyemprot dalam kapasitas yang lumayan besar. Oleh karena itu tim sukarelawan di organisasinya menyatakan siap jika diminta warga untuk melakukan penyemprotan.

"Sebelumnya kami menyemprot di Sokowaten [Banguntapan], ini sudah ada beberapa kampung yang mengajukan. Prinsipnya kami siap jika dimintai tolong oleh warga atau kelompok masyarakat. Karena kebetulan kami ada alatnya untuk penyemprotan, selain itu kami ada tim juga yang sudah memahami soal formula disinfektan," katanya.

Ia mengatakan kegiatan sosial itu dilakukan dengan harapan bisa membantu meminimalisasi penyebaran Covid-19. Eko berharap masyarakat mematuhi anjuran pemerintah agar tidak berkumpul untuk mencegah terjadinya penyebaran.