Olifant School Terapkan Kelas Daring

Guru Olifant School berinteraksi dengan siswa secara daring belum lama ini. / Ist. - Olifant School
26 Maret 2020 06:17 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Olifant School menerapkan metode belajar online learning atau pembelajaran dalam jaringan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Mariana Hastuti, Marketing Communication Olifant School mengatakan perkembangan penyebaran Covid-19 menjadi perhatian dan kewaspadaan dari seluruh warga dunia. Pemerintah maupun ajakan personal dari para tokoh mengenai social distancing atau physical distancing semakin sering digaungkan. Salah satunya adalah #dirumahaja yang beredar di sosial media.

Perkembangan penyebaran Covid-19 ini membuat pemerintah mengambil keputusan untuk mengarahkan sekolah khususnya untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah bagi anak-anak, untuk mengurangi adanya kerumunan orang banyak untuk menekan penyebaran Covid-19. "Salah satu solusi yang dilakukan oleh sekolah, termasuk Olifant School adalah dengan menggunakan metode belajar online learning atau pembelajaran dalam jaringan," kata dia, Rabu (25/3).

Olifant School sebagai salah satu sekolah yang selama ini sudah menerapkan sistem blended learning dalam kegiatan pembelajaran hariannya mendapatkan keuntungan dalam penerapan online learning ini. Pasalnya, anak-anak khususnya yang berada di kelas level SMP dan SMA sudah biasa menerapkan pembelajaran dalam jaringan dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran harian.

Namun, untuk anak-anak kelas preschool dan SD pun tetap diberikan layanan pendidikan yang menyenangkan walaupun dilakukan tidak melalui tatap muka langsung. Metode pengajaran melalui video tutorial, atau bentuk tugas seperti membuat video, berkreasi dengan foto, bercerita kepada keluarga, gim dan platform edukatif, akan membuat anak bersemangat untuk tetap belajar di rumah.

Penggunaan platform belajar daring, surel hingga Whatsapp dipergunakan untuk berbagi materi, dan pengumpulan tugas dari para siswa. Dalam pemilihan materi pembelajaran pun, Olifant School sangat mempertimbangkan tugas yang diberikan ke siswa.

Namun, hal yang tidak kalah penting adalah menyadarkan anak-anak dan keluarga, apa pentingnya imbauan physical distancing ini bagi seluruh keluarga dalam kaitannya pencegahan penyebaran Covid-19. Membangun kebiasaan hidup sehat, menjaga kesehatan dan memiliki waktu bersama keluarga menjadi target pembelajaran yang tidak kalah penting dibandingkan objektif pembelajaran yang harus dicapai.  

Kelas Daring

Selain itu, Olifant School juga menerapkan pembelajaran daring berupa online class atau kelas tatap muka dalam jaringan untuk seluruh kelas dari para guru. Online class ini memungkinkan guru dapat berinteraksi langsung dengan siswa melalui video conference.

Pengadaan online class ini menjadi perhatian khusus dari Olifant School salah satunya sebagai upaya untuk menjaga interaksi sosial baik antara sesama siswa dengan guru. Selain itu, adanya online class ini juga membantu anak-anak untuk menjaga suasana dan semangat belajar di rumah.

Tentu saja ada berbagai hal yang mengalami penyesuaian dengan adanya perubahan metode belajar ini. Ketersediaan infrastruktur baik di sekolah maupun dari masing-masing siswa akan menjadi faktor yang juga berpengaruh dalam kelancaran pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan.

Namun, tidak perlu khawatir ketika pembelajaran dalam jaringan belum dapat dilakukan. Menghabiskan waktu bersama keluarga, mempelajari dan berdiskusi dengan anak mengenai perkembangan situasi terkini, membiasakan rutinitas rumah yang lebih teratur, meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar akan mengembangkan critical thinking anak untuk melihat apa yang dapat dilakukan dirinya untuk memberikan dampak perubahan atau berkontribusi bagi lingkungannya.

"Tetap bersemangat bagi kita semua yang sedang bersama-sama menjalani tantangan ini. Bagi orang tua tetap bersabar dalam mendampingi putra putri tercinta," ujar dia.