Berjuang Ajak Warganya Melawan Corona, Seorang Kades di Bantul Meninggal Dunia

Ilustrasi mayat - Ist/Okezone
26 Maret 2020 16:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Kepala Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, Himawan Sajadti, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul, Kamis (26/3/2020), sekitar pukul 10.30 WIB. Belum diketahui pasti penyebab kematiannya, namun diduga karena kekelahan, karena sehari sebelumnya ia bersama sukarelawan di desanya melakukan penyemprotan diisnfektan dan imbauan keliling kepada warga terkait pencegahan penyebaran wabah Coronavirus Disease (Covid-19).

Anggota Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Selopamioro, Sarjono membenarkan kabar duka tersebut. Rencana pemakaman almarhum Himawan akan dilakukan Kamis (26/3/2020) sore, sekitar pukul 17.00 WIB. Saat ini pihaknya bersama badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul sedang melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah duka demi keamanan pelayat di tengah wabah Corona.

Sarjono mengatakan sehari sebelum Himawan wafat. Ia bersama Himawan, pamong desa, dan sejumlah sukarelawan melakukan penyemprotan diisnifektan selama seharian penuh. Penyemprotan dilakukan di balai desa, fasilitas umum, dan pemukiman warga, “Pak lurah juga ikut menyemproti dari pagi sampai sore,” kata Sarjono.

Selain penyemprotan juga dilakukan penyampaian imbauan melalui pengeras suara dari dalam mobil keliling ke kampung. Selama proses penyemprotan, kata Sarjono, ia tidak melihat ada keluhan dari almarhum. Bahkan terkadang Himawan menjadi sopir tangki mobil untuk penyemprotan diisnfektan.

Sejauh ini ia tidak melihat tanda-tanda bahwa kepala desanya tersebut bakal pergi selamanya, “Cuma yang saya ingat beliau sempat guyon [bercanda] ia hebat tidak makan seharian saat kerja bakti penyemprotan,” kata Sarjono.

Lebih lanjut Sarjono mengatakan pada Kamis pagi, Himawan merasa tidak enak badan dan pergi ke klinik terdekat. Setelah itu Himawan minum obat dan tidur. Saat dibangunkan anaknya untuk makan beliau pingsan lalu dibawa ke RSUD Panembahan Senopati Bantul,” ujar Sarjono.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah (Setda) Bantul, Kurniantoro mengaku sejauh ini ia menilai kinerja Himawan Sadjati luar biasa karena memiliki komitmen tinggi untuk membangun Desa Selopamioro yang merupakan desa memiliki kesulitan tertinggi secara geografis. “Di akhir hayatnya bahkan beliau terjun langsung menangani pencegahan Covid-19 dengan ikut melakukan penyemprotan disinfektan ke fasilitas publik,” kata Kurniantoro.

Himawan Sadjati meninggal dunia dalam usia 65 tahun. Almarhum meninggalkan tiga anak. Himawan terpilih menjadi kepala desa Selopamioro pada 2018 lalu. Jabatan almarhum masih sampai 2024 mendatang. Kurniantoro mengatakan agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan dalam waktu dekat akan ditentukan pejabat sementara (Pjs) kepala desa Selopamioro dari kecamatan Imogiri.