Koreksi Data Pusat, Pemda Sebut Pasien Positif Covid-19 di DIY Kini 19 Orang

Foto ilustrasi. - Reuters
27 Maret 2020 19:47 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Warga yang terjangkit Covid-19 di wilayah DIY terus bertambah. Seorang laki-laki warga Bantul, berusia 53 tahun positif terpapar virus Corona. Hingga kini di wilayah DIY tercatat 19 orang terjangkit virus Corona.

Juru Bicara Pemerintah Daerah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan tambahan tersebut merujuk pada hasil pemeriksaan dan laporan hasil uji laboratorium BBTKL PP DIY. "Ini kasus 19, laki-laki, usia 53 tahun, asal Bantul," katanya melalui keterangan pers, Jumat (27/3/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya menerima tambahan satu orang positif. Berty juga sudah melakukan croscek ke Pusat terkait perbedaan data di mana Pusat mencatat 22 pasien positif sementara DIY mencatat 19 pasien positif. Dinkes pun mengecek ke seluruh RS terkait adanya penambahan data pasien positif.

"Hasilnya tidak ada sampel atas nama-nama tersebut. Sehingga tambahan positif di DIY hari ini sudah sesuai, satu positif," paparnya.

Berdasarkan hasil laporan RS Rujukan Covid, Jumat (27/3/2020) di wilayah DIY, total data pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah diperiksa (diswab) sebanyak 143 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 37 orang dinyatakan negatif dan 19 orang dinyatakan positif. PDP yang positif, satu orang dinyatakan sembuh dab tiga orang lainnya meninggal dunia.