HARIAN JOGJA HARI INI: Warga Adalah Garda Terdepan

Harian Jogja Hari Ini - epaper Harian Jogja
02 April 2020 09:57 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Warga adalah Garda Terdepan

Solidaritas warga untuk secara bersama-sama dan terkoordinasi melawan penyebaran Covid-19, harus menjadi lini pertama dalam penanggulangan bencana kesehatan ini. Garda terdepan penanggulangan penyevaran virus Corona bukanlah para tenaga kesehatan, melainkan masyarakat. Kita semua adalah benteng terdepan dalam melawan pagebluk ini.

Cegah Penyebaran Corona,5.556 Narapidana Dilepas
JAKARTA—Sebanyak 5.556 warga binaan dilepaskan dari lembaga pemasyarakatan yang ada di Indonesia, mulai Rabu (1/4/2020).

Warga Garda Terdepan Menangkal Corona
JOGJA—Garda terdepan penanggulangan pandemi Covid-19 bukanlah tenaga kesehatan, melainkan warga masyarakat yang terkoordinasikan dengan baik oleh pemerintah desa. Tenaga kesehatan semestinya menjadi lini terakhir jika pertahanan di masyarakat sudah jebol.

Puluhan Ribu WNI Pulang dari Malaysia
JAKARTA—Sebanyak 34.696 WNI telah pulang ke Tanah Air akibat kebijakan pembatasan pergerakan (movement control order/MCO) yang diberlakukan otoritas Malaysia sejak 18 Maret untuk mengurangi penularan virus Corona tipe baru atau Covid-19.

18 BULAN
MIES—Federasi Motorsport Internasional (FIM) menjatuhkan hukuman larangan membalap lebih dari setahun kepada pembalap Moto GP, Andrea Iannone.

Klub Sepak Bola Bantu Perangi Virus Corona
JOGJA—Sejumlah klub Liga 1 dan Liga 2membantu mengendalikan virus Corona yang terus meluas di Indonesia.

Potensi PKB Turun Drastis
BANTUL—Pemda DIY menghapuskan denda administrasi pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) sebagai respons merebaknya Covid-19. Potensi pendapatan dari sektor ini dipastikan berkurang.

RS Darurat Covid-19 Beroperasi Pekan Depan
BANTUL—Rumah sakit (RS) Darurat Covid-19 di Bantul dipastikan beroperasi pekan depan. RS itu menempati bekas bangunan Puskesmas Bambanglipuro, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro.

Jadup Diberikan Dua Kali
JOGJA—Kelompok rentan terdampak pandemi Covid-19 bakal menerima jaminan hidup (jadup) dari Pemda DIY selama dua kali sejak April-Mei mendatang. Jumlah penerima jadup bakal bertambah jadi 19.200 keluarga.

DAK Fisik Berkurang Rp59 Miliar
WONOSARI— Pemkab Gunungkidul mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sebesar Rp141,1
miliar. Tetapi setelah adanya kebijakan baru berkaitan dengan penanggulangan Covid-19, alokasi berkurang menjadi Rp81,9 miliar.

Pindah Haluan Jual Masker
SENTOLO—Para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) memutar otak menjaga dapur tetap ngebul di tengah minimnya penghasilan akibat
virus Corona Covid-19. Salah satunya dengan beralih memproduksi barang-barang yang berpotensi laku keras.

Jeruk Berpotensi Tangkal Corona
JOGJA—Tim peneliti Fakultas Farmasi UGM menemukan sejumlah senyawa yang berpotensi mencegah virus Corona penyebab Covid-19, salah satunya adalah senyawa yang terkandung dalam jeruk.

Industri Dagang-el Siap Jadi Tumpuan
JAKARTA–Sejumlah langkah antisipasi disiapkan oleh platform dagang elektronik (dagang-el) dalam menghadapi potensi karantina wilayah. Industri ini diharapkan dapat bekerja secara optimal seiring berkurangnya aktivitas o sik masyarakat

Ceng Beng Bisa Digelar di Rumah
JOGJA—Pelaksanaan Ceng Beng atau Qing Ming untuk menghormati leluhur yang dilaksanakan di rumah tidak akan mengurangi maknanya. Langkah ini ditempuh untuk mematui imbauan pemerintah demi memutus rantai penyebaran virus Corona

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.

Anda juga dapat mengakses Harian Jogja versi digital dengan berlangganan di epaper.harianjogja.com.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, membangun kemandirian.