Di Tengah Pandemi, 3 Warga Bantul Pulang dari Spanyol dan Miami Tak Terdeteksi

Foto dari bentuk tiga dimensi model Virus Corona. - Reuters/ Dado Ruvic
08 April 2020 14:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Di tengah pandemi Covid-19, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul masih melacak tiga warga Bantul yang bekerja di sebuah kapal pesiar yang bepergian Spanyol dan Miami, Amerika Serikat. Ketiganya diduga sudah pulang ke Bantul pada awal April ini.

Dugaan tersebut mengemuka setelah Disnakertrans mendapat kabar dari Pemerintah Provinsi Bali pada Selasa (7/4/2020) sore.  Informasi itu menyebutkan ketiga anak buah kapal (ABK) itu baru tiba di Denpasar Bali pada 1 April lalu dan diduga langsung pulang ke Bantul.

“Kami belum tahu apakah sudah pulang ke Bantul. Kami baru melacaknya,” kata Kepala Disnakertrans Bantul,  Sulistyanto,  Rabu (8/4/2020).

Sulistiyanta belum bisa membeberkan data lengkap ketiga ABK tersebut karena masih dalam proses pelacakan. "Alamatnya tidak usah, kami khawatir nanti geger," kata dia.

Sementara data Disnakertrans Bantul menunjukkan tenaga kerja migran asal Bantul yang sudah pulang ke kampung halaman sejak Januari sampai April ini sebanyak 47 orang.  Sembilan di antara mereka pulang pada 13 Marer lalu dari Malaysia.

Saat ini, yang belum dipastikan kembali sampai rumah sebanyak empat orang dengan rincian tiga ABK dari Amerika Serikat dan Spanyol serta seorang dari Jepang. "Kami lacak yang penting mereka masuk [Bantul] dulu," ujar Sulistiyanto.  "Satu orang dari Jepang itu relawan PMI.”