Advertisement

Polres Sleman Hadirkan Teatrikal Jalanan: Gatotkaca Basmi Buto Corona

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 08 April 2020 - 04:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polres Sleman Hadirkan Teatrikal Jalanan: Gatotkaca Basmi Buto Corona Gatotkaca yang diperankan oleh jajaran anggota Polres Sleman saat membasmi Covid-19 yang diperankan oleh buto yang berpakaian menyerupai Covid-19. Aksi teatrikal yang dilakukan oleh jajaran Polres Sleman tersebut dilakukan di simpang empat Condongcatur untuk memberikan sosialisasi terkait dengan antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah kabupaten Sleman, Selasa (7/4 - 2020).Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari virus Corona penyebab Covid-19Kasatlantas Polres Sleman AKP Mega Tetuko bersama jajarannya melakukan upaya sosialisasi kepada pengendara kendaraan bermotor di perempatan Condongcatur, Selasa (7/4/2020).

Jajaran satlantas polres Sleman juga sempat memperagakan aksi teatrikal. Dalam cerita yang diangkat, ada polisi menggunakan kostum wayang serupa Gatotkaca membasmi virus yang diperankan oleh seorang anggota polisi dengan memakai kostum menyerupai ilustrasi Covid-19. Gatotkaca membasmi buto yang diilustrasikan sebagai Covid-19 dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Akhirnya, Covid-19 akhirnya tertunduk kalah.

Advertisement

"Upaya sosialisasi ini diberikan agar masyarakat mampu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan menjaga kebersihan serta memperhatikan social dan physical distancing," terang AKP Mega Tetuko, Selasa.

Ketika disinggung mengenai upaya sosialisasi yang disertai dengan unsur kesenian tradisional tokoh wayang, menurut Mega, pendekatan kesenian berupa wayang orang yang dilakukan oleh jajarannya karena Jogja erat dengan unsur budaya yang masih kental di kalangan masyarakat.

"Pendekatan dengan kesenian diharapkan akan cepat ditangkap oleh masyarakat karena kebudayaan erat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Jogja, selain kegiatan aksi teatrikal, kami [Satlantas Polres Sleman] juga melakukan pembagian masker dan leaflet berisi tentang imbauan kepolisian terkait dengan antisipasi penyebaran Covid-19," jelasnya.

Mega dan jajarannya juga membagikan sekitar 500 masker dan 500 cairan disinfektan kepada masyarakat di perempatan Condongcatur, Depok, Sleman pada Selasa. Personel yang diturunkan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat sendiri berjumlah 30 anggota. "Untuk operasi keselamatan Progo sendiri Polres Sleman menerjunkan sekitar 180 orang," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement