Wabup Baru Kulonprogo Masih Tunggu Pelantikan

ILustrasi kursi jabatan - JIBI
12 April 2020 22:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - DPRD Kulonprogo telah menetapkan Fajar Gegana sebagai Wakil Bupati Kulonprogo terpilih untuk sisa masa jabatan 2017-2022. Namun, Fajar Gegana, belum bisa langsung bekerja mendampingi Bupati Kulonprogo, Sutedjo, lantaran masih harus menunggu proses pelantikan oleh Gubernur DIY.

Ketua Panitia Pemilihan Wabup Kulonprogo sisa masa jabatan 2017-2022, Istana, menjelaskan setelah menetapkan Fajar Gegana sebagai wabup terpilih, tahap berikutnya yang dilakukan dewan yakni pemberkasan syarat wabup terpilih untuk dikirimkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur DIY.

Setelah itu, Mendagri akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang ditindaklanjuti dengan pelantikan wabup terpilih oleh Gubernur DIY. "Nah pelantikannya itu menunggu turunnya SK Mendagri, sementara untuk saat ini kami masih tahap pemberkasan," kata Istana yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kulonprogo, ini Minggu (12/4/2020).

Pihaknya berharap, proses ini dapat berjalan lancar, sehingga pelantikan Fajar Gegana sebagai Wabup Kulonprogo terpilih dapat segera dilakukan.

Sementara itu, Fajar Gegana mengatakan selama menunggu jadwal pelantikan keluar, ia akan mengisinya dengan intens berkomunikasi dengan Sutedjo, terutama komunikasi tentang program kerja.

"Untuk saat ini mungkin belum, waktu saya masih buat istirahat, tapi kemungkinan minggu depan baru merapat," ujarnya.

Seperti diketahui, Fajar Gegana terpilih sebagai wakil Bupati Kulonprogo sisa masa jabatan 2017-2022 setelah mengalahkan pesaingnya, Agus Langgeng Basuki, dalam rapat paripurna pemilihan wabup yang digelar DPRD Kulonprogo, di gedung dewan Kamis (9/4/2020) lalu.

Dalam pemilihan itu, Fajar berhasil mengantongi mayoritas suara anggota dewan. Dari total 40 anggota ia berhasil meraih 28 suara, sedangkan Langgeng mendapat 12 suara. Dengan hasil tersebut, Fajar dinyatakan menang dan pada hari itu juga ditetapkan sebagai wabup baru Kulonprogo.