Advertisement

Wabup Baru Kulonprogo Masih Tunggu Pelantikan

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 12 April 2020 - 22:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wabup Baru Kulonprogo Masih Tunggu Pelantikan ILustrasi kursi jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - DPRD Kulonprogo telah menetapkan Fajar Gegana sebagai Wakil Bupati Kulonprogo terpilih untuk sisa masa jabatan 2017-2022. Namun, Fajar Gegana, belum bisa langsung bekerja mendampingi Bupati Kulonprogo, Sutedjo, lantaran masih harus menunggu proses pelantikan oleh Gubernur DIY.

Ketua Panitia Pemilihan Wabup Kulonprogo sisa masa jabatan 2017-2022, Istana, menjelaskan setelah menetapkan Fajar Gegana sebagai wabup terpilih, tahap berikutnya yang dilakukan dewan yakni pemberkasan syarat wabup terpilih untuk dikirimkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur DIY.

Advertisement

Setelah itu, Mendagri akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang ditindaklanjuti dengan pelantikan wabup terpilih oleh Gubernur DIY. "Nah pelantikannya itu menunggu turunnya SK Mendagri, sementara untuk saat ini kami masih tahap pemberkasan," kata Istana yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kulonprogo, ini Minggu (12/4/2020).

Pihaknya berharap, proses ini dapat berjalan lancar, sehingga pelantikan Fajar Gegana sebagai Wabup Kulonprogo terpilih dapat segera dilakukan.

Sementara itu, Fajar Gegana mengatakan selama menunggu jadwal pelantikan keluar, ia akan mengisinya dengan intens berkomunikasi dengan Sutedjo, terutama komunikasi tentang program kerja.

"Untuk saat ini mungkin belum, waktu saya masih buat istirahat, tapi kemungkinan minggu depan baru merapat," ujarnya.

Seperti diketahui, Fajar Gegana terpilih sebagai wakil Bupati Kulonprogo sisa masa jabatan 2017-2022 setelah mengalahkan pesaingnya, Agus Langgeng Basuki, dalam rapat paripurna pemilihan wabup yang digelar DPRD Kulonprogo, di gedung dewan Kamis (9/4/2020) lalu.

Dalam pemilihan itu, Fajar berhasil mengantongi mayoritas suara anggota dewan. Dari total 40 anggota ia berhasil meraih 28 suara, sedangkan Langgeng mendapat 12 suara. Dengan hasil tersebut, Fajar dinyatakan menang dan pada hari itu juga ditetapkan sebagai wabup baru Kulonprogo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement