Advertisement

Punakawan Hibur Warga Hargobinangun di Tengah Pandemi

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 13 April 2020 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Punakawan Hibur Warga Hargobinangun di Tengah Pandemi Pelaku seni dari Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Sumadi Hadisiswoyo (dua dari kanan) berfoto dengan ketiga rekannya sebelum tampil menghibur sekaligus mengampanyekan protokol kesehatan kepada warga desa setempat, Senin (13/4/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah pelaku seni di Dusun Boyong, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman punya cara unik dalam meredam kecemasan warga lantaran pandemi Covid-19. Berkostum laiknya punakawan, mereka tampil di jalanan dusun setempat sembari mengampanyekan kepada warga untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.

Pelaku seni dan juga tokoh masyarakat di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Sumadi Hadisiswoyo mengatakan jika ia dan kawan-kawannya prihatin atas kondisi yang terjadi di tengah masyarakat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini. Ditambah lagi korban positif yang semakin hari bertambah.

Advertisement

"Sambil memberikan imbauan agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih sehat [PHBS] kami berpakaian layaknya Punakawan untuk menghibur warga agar tidak jenuh di rumah dalam rangka untum mematuhi imbauan dari pemerintah. Mudah-mudahan di Desa Hargobinangun tidak ada yang terpapar Covid-19," ujar Sumadi, Senin (13/4/2020).

Aksi nyentrik yang dilakukan oleh Sumadi dan tiga kawannya bukan tanpa alasan. Dia menilai lambat laun warga akan bosan lantaran selalu berada di rumah guna mematuhi imbauan dari pemerintah. Diharapkan, dengan berpakaian layaknya Punakawan akan memberikan angin segar kepada warga agar mampu bahagia di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kebetulan kami juga pegiat seni di Hargobinangun sejak kecil sudah berkecimpung di dunia seni, kami juga tergabung di dalam paguyuban jatilan Mekar Budoyo di Dusun Boyong, Pakem, Sleman. Tak hanya menghibur kami juga mengimbau agar warga tertib dalam rangka untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Sleman khususnya di Hargobinangun," ujar Sumadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement