Rumah Warga di Berbah Porak-poranda Dihajar Angin Kencang

Salah satu rumah warga yang tertimpa pohon tumbang di Sleman, Jumat (17/4/2020)-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo
17 April 2020 19:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Pohon tumbang terjadi di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Berbah pada Jumat (17/4/2020) akibat dari hujan disertai angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah Sleman sejak sore hingga malam hari.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan, mengatakan pohon roboh yang terjadi pada Jumat (17/4/2020) masih terkonsentrasi di wilayah Kecamatan Berbah. Total ada tujuh titik pohon tumbang yang terjadi di Desa Sendangtirto, Berbah, Sleman.

"Pohon yang Roboh rata-rata menimpa rumah warga, namun ada juga yang menutup akses jalan warga, tim TRC BPBD Sleman masih melakukan upaya pengkondisian akibat pohon tumbang," ujar Makwan, Jumat (17/4/2020).

Adapun, dua titik di wilayah Desa Sendangtirto Berbah Sleman yakni masing-masing di Kemasan, Sendangtirto Berbah, sebuah pohon tumbang sempat menutup akses jalan warga. Kemudian, di Klakah, Sendangtirto, Berbah sebuah pohon sukun juga sempat tumbang dan menutup akses jalan.

"Beberapa pohon tumbang sudah dievakuasi oleh tim TRC BPBD Sleman, namun ada beberapa titik yang juga masih dilakukan upaya pembersihan dan perbaikan," terangnya.

Makwan menyebutkan jika BMKG Staklim Mlati Yogyakarta sebelumnya memang sudah memperkirakan jika hujan disertai dengan angin kencang bakal mengguyur sebagian besar wilayah di Bumi Sembada.

"Diawali peringatan dini oleh BMKG Staklim Mlati Yogyakarta pada (17/4/2020) pukul 12.45 WIB. Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada pukul 13.00 WIB di Sleman di antaranya Minggir, Seyegan , Moyudan, Godean, Gamping, Tempel, Sleman, Mlati, Ngaglik, Pakem," terangnya.