Karang Taruna Desa Bendungan Bikin Masker Kain untuk Dibagikan pada Warga

Sejumlah anggota KT Bentara tengah membuat masker kain untuk dibagikan kepada masyarakat, Kamis (16/4/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara\\n
17 April 2020 06:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Aksi sosial di tengah wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) terus bermunculan. Terbaru dilakukan oleh Karang Taruna (KT) Bentara, Dusun Bendungan Lor, Kalurahan Bendungan, Kapanewon Wates.

Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, organisasi kepemudaan tersebut membuat masker dari bahan kain untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat.

"Sebagai generasi muda, kami ingin berpartisipasi dalam mencegah penyebaran corona, salah satunya dengan membuat masker mandiri untuk masyarakat," ujar Ketua Karang Taruna Bentara, Wahyudi Sulaeman atau biasa disapa Yudi, Kamis (16/4/2020).

KT Bentara mulai membuat masker pada Kamis. Dalam prosesnya melibatkan seluruh pemuda dan warga dusun setempat, terutama yang memiliki keahlian menjahit. Sementara perihal pendanaan aksi, KT ini memperolehnya dari sumbangan masyarakat.

"Konsep yang kami usung dalam aksi ini adalah dari warga untuk warga, sehingga seluruh warga dusun ikut terlibat yang harapannya bisa menguatkan tali persaudaraan," ujar Yudi.

Rencananya masker kain bikinan KT Bentara dibagikan pada Minggu (18/4/2020). Adapun jumlah masker yang ditargetkan bisa tercapai sampai hari pelaksanaan sebanyak 700 buah. Ratusan masker itu diprioritaskan untuk seluruh warga Dusun Bendungan Lor.

Namun, apabila nanti masih ada sisa masker, KT Bentara akan membagikannya kepada masyarakat yang biasa beraktivitas di lingkungan dusun, seperti pedagang pasar, pemilik toko maupun pengendara bermotor.

Yudi berharap aksi sosial ini bisa menginsipirasi organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan hal serupa. Ini juga mengingat bahwa masyarakat merupakan garda terdepan dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona.

Kepala Dusun Bendungan Lor, Putra Dwi Agus Purnomo, mengapresiasi aksi sosial ini. Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu warga agar terhindar dari paparan virus corona.

"Saya juga mengharapkan dari donasi warga yang terkumpul ini dapat dibagikan oleh warga karena jelas bantuan ini dari warga untuk warga," ucapnya.