Ada Pandemi Corona, Seperti Ini Suasana di Pasar Beringharjo

Suasana Pasar Beringharjo, Jogja, Minggu (19/4/2020). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
20 April 2020 09:47 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Meskipun kondisi jalanan di Jogja semakin ramai, tetapi kunjungan di Pasar Beringharjo, Jogja, Minggu (19/4/2020) masih terpantau tidak seramai sebelum ada Covid-19.

Dari pantauan Harianjogja.com, aktivitas jual beli masih terjadi terutama di Beringharjo Timur yang berisikan kebutuhan bahan pangan. Meski demikian, beberapa pedagang mengeluhkan jumlah pembelian yang turun.

Enumerator Harga Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY Sumarno mengatakan kondisi pasar menjadi agak sepi sejak merebaknya Covid-19. "Kunjungan turun 30 persen untuk Beringharjo, tetapi untuk Pasar Giwangan turun 20 persen," ujar pria yang juga merupakan Lurah Pasar Giwangan, Jogja tersebut.

Ia mengatakan sepinya transaksi disebabkan banyaknya katering, rumah makan, hotel, dan penjual sayur keliling yang tidak beroperasi sementara waktu. Selain itu, banyak kegiatan rapat ditiadakan sehingga kebutuhan akan bahan pangan juga menurun.

"Kondisinya memang sepi terutama bagian Beringharjo yang berisi kebutuhan sekunder, pakaian, kerajianan sepi. Untuk bagian bahan pangan memang masih mendingan daripada bagian lainnya," kata dia.

Sementara itu, Galeria Mall yang sempat tutup sementara mulai beroperasi lagi pada 13 April 2020. Meski demikian kunjungan ke mal tidak seramai waktu-waktu biasanya. Marcomm Galeria Mall Apriana mengatakan untuk saat ini pihaknya lebih fokus kepada kesehatan dan keamanan bagi seluruh pengunjung dan tenant.

"Jadi untuk pelayanan lebih banyak yang menggunakan online/delivery order, untuk mendukung program pemerintah dalam mencegah Covid-19 salah satunya yaitu physical distancing. Hampir seluruh tenant menggunakan sistem online/delivery order, baik tenant F&B maupun fashion," ujar dia.

Sebelum memasuki area Galeria Mall, pengunjung wajib mengikuti prosedur yang ditentukan. Pengunjung wajib menggunakan masker. Pengunjung juga harus jaga jarak saat antre. Sebelum memasuki mal, pengunjung akan dicek suhu badannya terlebih dahulu dan harus menggunakan hand sanitizer. Adapun jam operasional Galeria Mall yakni Senin-Minggu pukul 11.00 WIB-20.00 WIB.