NasDem Ngaglik Sleman Gerilya Penuhi Kebutuhan Pokok Warga Terdampak Corona

Dewan Pimpinan Cabang NasDem Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman menggelar bakti sosial bertajuk NasDem Masuk Desa, Sabtu (18/4/2020). - Ist/Dok NasDem
20 April 2020 10:47 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Dewan Pimpinan Cabang NasDem Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman menggelar bakti sosial bertajuk NasDem Masuk Desa. Bakti sosial digelar dalam rangka menyikapi kondisi memprihatinkan akibat wabah korona.

Agenda yang digelar sejak hari Sabtu (18/4/2020) diisi dengan pembagian bahan pokok, alat pelindung diri, dan makanan siap saji kepada masyarakat di sejumlah titik di Kecamatan Ngaglik. Ada pula pamflet informasi tentang pencegahan korona.

Koordinator acara, Mahendra mengatakan gerakan ini adalah gerakan moral. Sumber bantuan ini berasal dari gotong royong kader di struktur DPC.

“Bantuan terus berdatangan dari seluruh elemen DPC. Ini adalah komitmen kami dalam bergerak meringankan beban ekonomi masyarakat. Siapapun masyarakatnya, kami terus membagikannya setiap hari di sejumlah titik,” ungkap Ketua Garda Pemuda NasDem Sleman tersebut di pasar Rejondani, usai kegiatan.

Peresmian bakti sosial dihadiri oleh Anggota Komisi VI DPR F-NasDem, Subardi. Ia memuji inisiatif perangkat DPC sebagai satuan organisasi di tingkat kecamatan. “Saya mendukung gerakan yang sungguh mulia ini. Bakti sosial ini menunjukkan bahwa aktif di partai politik tidak selamanya berorientasi menjadi pejabat maupun urusan kontestasi politik," kata pria yang akrab disapa Mbah Bardi tersebut.

Subardi selaku Ketua DPW NasDem DIY menegaskan peran serta parpol memang dibutuhkan masyarakat dalam kondisi apapun. "Yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan. Dari DPC Ngaglik kita bisa menunjukkan berparpol berarti mengabdi sepenuhnya kepada masyarakat," katanya.

Memasuki pekan ke empat, kondisi perekonomian akibat wabah korona (Covid-19) kian mengkhawatirkan. Perekonomian masyarakat anjlok ke titik nadir, terutama mereka yang bergantung pada pendapatan harian. Sektor perdagangan dan jasa yang selama ini menopang ekonomi kelompok kecil pada akhirnya lumpuh.

Lebih lanjut, Ketua DPD NasDem Sleman, Surana mendukung agar bakti sosial ini digelar hingga masa pandemi korona selesai. Fokus bantuan menyisir kepada masyarakat yang terkena imbas terparah, seperti pedagang di pasar, penjual makanan, buruh harian, petani hingga pelaku jasa transportasi seperti penarik becak dan angkutan umum.

“DPC Ngaglik solid dan akan terus bergerak memastikan kebutuhan masyarakat kelompok ekonomi lemah terpenuhi," ujar Anggota DPRD Kabupaten Sleman ini.