BPBD Kulonprogo Akan Sediakan Masker untuk Warga Terutama yang Tidak Mampu

Foto ilustrasi. - Antara Foto/Makna Zaezar
21 April 2020 15:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulonprogo akan menyiapkan bantuan masker untuk masyarakat dalam rangka penanganan pencegahan Coronavirus Disesase 2019 (COVID-19).

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Ariadi mengatakan, untuk merealisasikan hal itu, pihaknya kini sedang dalam proses pengajuan anggaran pengadaan masker ke Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulonprogo. Terkait nominal anggaran dan kebutuhan masker yang akan didapat, Ariadi belum bisa berkomentar.

"Soalnya saat ini masih tahap finalisasi, kami juga sedang konsultasi dengan BKAD berapa kira-kira nanti anggaran yang bisa turun," ujarnya, lewat pesan singkat kepada Harianjogja.com, Senin (20/1/2020).

Sementara itu, kalangan legislator Kulonprogo meminta agar BPBD setempat bisa segera melakukan pengadaan masker untuk masyarakat, khsususnya bagi warga kurang mampu. Di tengah pandemi corona, masker sangat dibutuhkan untuk mencegah penyebaran virus yang dalam beberapa waktu terakhir ini kian masif.

"Pengadaan masker sangat dibutuhkan dalam kondisi saat ini, sehingga kami minta agar hal itu bisa segera dilakukan," ujar Anggota DPRD Kulonprogo dari Fraksi PAN, Muhtarom Asrori.

Muhtarom juga meminta, dalam pengadaan ini, bisa melibatkan pelaku UMKM lokal semisal para penjahit. Hal itu dilakukan guna membantu para UMKM yang terpuruk secara ekonomi karena dampak pandemi corona.

Pengadaan masker yang melibatkan penjahit lokal ini lanjutnya juga bisa mengurangi pengangguran, sekaligus melaksanakan jargon bela-beli produk Kulonprogo.