Advertisement

Pengumuman Kelulusan Siswa SMA/SMK di DIY Dimajukan

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 25 April 2020 - 15:47 WIB
Nina Atmasari
Pengumuman Kelulusan Siswa SMA/SMK di DIY Dimajukan Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Idi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa (17/3/2020). - ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas.\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY menerbitkan surat edaran yang berisi revisi tanggal pengumuman kelulusan siswa kelas akhir jenjang SMA/SMK/SMALB yang semula tanggal 6 Mei 2020 menjadi 2 Mei 2020. Dalam hal ini, sekolah tetap diminta untuk tidak menyelenggarakan seremoni yang dapat mengumpulkan massa.

"Pengumuman kelulusan kan rencana kita 6 Mei, tapi ada aturan Sekjen [Kemendikbud] tentang ijazah, penulisan ijazah itu tanggal 2 Mei. Jadi pengumuman [kelulusannya] 2 Mei, maju 4 hari," kata Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu Disdikpora DIY, Didik Wardaya, Sabtu (25/4/2020).

Advertisement

Surat Edaran Kemendikbud itu bernomor 5/2020 tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blanko Ijazah Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk itu, Disdikpora DIY menerbitkan revisi lewat SE Disdikpora DIY No. 421/03143 tentang Penambahan Waktu Masa Pembelajaran Jarak Jauh/Online dalam Masa Tanggap Darurat Bencana Covid-19 di SMA, SMK, dan SLB di DIY tertanggal 23 April lalu.

Meski dimajukan, Didik memerintahkan setiap sekolah bahwa pengumuman tetap dilakukan secara daring tanpa tatap muka langsung. "Kita imbau ke sekolah tidak ada seremonial, wisuda, perpisahan, maupun penyerahan kembali anak kepada orangtua. Jadi konteksnya tidak ada pertemuan langsung yang melinatkan orang banyak," tegasnya.

Selain itu, Didik juga meminta kepada sekolah untuk melarang siswanya untuk melakukan perayaan kelulusan dengan melakukan konvoi atau kegiatan bersifat keramaian lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement