Pengumuman Kelulusan Siswa SMA/SMK di DIY Dimajukan

Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Idi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa (17/3/2020). - ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas.\\n
25 April 2020 15:47 WIB Lajeng Padmaratri Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY menerbitkan surat edaran yang berisi revisi tanggal pengumuman kelulusan siswa kelas akhir jenjang SMA/SMK/SMALB yang semula tanggal 6 Mei 2020 menjadi 2 Mei 2020. Dalam hal ini, sekolah tetap diminta untuk tidak menyelenggarakan seremoni yang dapat mengumpulkan massa.

"Pengumuman kelulusan kan rencana kita 6 Mei, tapi ada aturan Sekjen [Kemendikbud] tentang ijazah, penulisan ijazah itu tanggal 2 Mei. Jadi pengumuman [kelulusannya] 2 Mei, maju 4 hari," kata Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu Disdikpora DIY, Didik Wardaya, Sabtu (25/4/2020).

Surat Edaran Kemendikbud itu bernomor 5/2020 tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blanko Ijazah Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk itu, Disdikpora DIY menerbitkan revisi lewat SE Disdikpora DIY No. 421/03143 tentang Penambahan Waktu Masa Pembelajaran Jarak Jauh/Online dalam Masa Tanggap Darurat Bencana Covid-19 di SMA, SMK, dan SLB di DIY tertanggal 23 April lalu.

Meski dimajukan, Didik memerintahkan setiap sekolah bahwa pengumuman tetap dilakukan secara daring tanpa tatap muka langsung. "Kita imbau ke sekolah tidak ada seremonial, wisuda, perpisahan, maupun penyerahan kembali anak kepada orangtua. Jadi konteksnya tidak ada pertemuan langsung yang melinatkan orang banyak," tegasnya.

Selain itu, Didik juga meminta kepada sekolah untuk melarang siswanya untuk melakukan perayaan kelulusan dengan melakukan konvoi atau kegiatan bersifat keramaian lainnya.