Datangi Kerumunan, Satpol PP Disarankan Gunakan APD

Kunjungan Anggota Komisi A DPRD DIY di Kantor Satpol PP DIY dalam rangka memberikan dukungan untuk penegakan hukum pencegahan Covid-19, Rabu (29/4/2020). - Ist/DPRD DIY.
30 April 2020 15:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Satuan Polisi Pamong Praja (PP) menjadi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat saat mendatangi kerumunan diminta untuk melengkapi alat pelindung diri agar tetap aman. Paling tidak mereka menggunakan masker dan sarung tangan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona penyebab Covid-19.

Sekretaris Komisi A DPRD DIY Retno Sudianti menjelaskan Satpol PP DIY bersama tim lain dalam gugus tugas penegakan hukum harus mendekati masyarakat yang berkerumun di berbagai titik sebaiknya selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) minimal masker dan sarung tangan. Untuk mendukung ketersediaan jenis APD tersebut secara khusus pihaknya memberikan bantuan ratusan masker dan sedikitnya 50 pasang sarung tangan.

"Kami berharap personel Satpol PP yang langsung ke lapangan selalu menjaga kondisi, agar tetap sehat. Maka untuk pencegahan perlu masker dan sarung tangan, kami sedikit membantu untuk menambah stok masker dan sarung tangan," katanya di DPRD DIY Kamis (30/4/2020). 

Menurutnya petugas penegakan hukum di lapangan harus memiliki kesiapan fisik dan mental yang baik. Sehingga harus mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Pihaknya secara resmi memberikan dukungan kepada Satpol PP untuk terus memberikan edukasi, membubarkan kerumunan demi mencegah terjadinya penyebaran.

"Dukungan ini penting karena dalam kondisi seperti saat ini kita harus bersatu saling mendukung sehingga bisa melewati pandemi ini, di mana dampaknya terutama ekonomi sudah dirasakan seluruh masyarakat," katanya.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad mengapresiasi atas dukungan DPRD DIY dalam rangka penegakan hukum penanganan Covid-19. Selama bertugas di lapangan, anggotanya selalu mengenakan masker karena dalam setiap mendatangi kerumunan selalu memberikan edukasi kepada warga agar memakai masker. "Sehingga bantuan sarung tangan dan masker ini memang dibutuhkan dalam kondisi saat ini," katanya.