Komunitas Dampak Korona Bagikan Bantuan kepada 30 Warga Desa Bantul

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
01 Mei 2020 19:47 WIB Hery Setiawan Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Bertepatan dengan Hari Buruh Sedunia, Jumat (1/5/2020), Komunitas Dampak Korona [KDK] membagikan bantuan bahan pangan senilai Rp100.000 kepada 30 warga Desa Bantul yang terdampak Covid-19. Sebagian mereka adalah buruh informal dan pedagang harian yang kehilangan pendapatan.

Inisiator KDK, Mohammad Imam Santoso mengatakan pandemi membuat sebagian orang kesulitan memenuhi kebutuhan dasarnya. Terlebih bagi pelaku usaha hingga buruh informal yang terpaksa kena PHK. Guna meringankan beban mereka, KDK pun menghimpun dana dan menjalin kerja sama dengan Badan Keswadayaan Masyarakat [BKM] di sejumlah desaTak hanya itu, KDK rencananya juga ingin memberikan bantuan berupa pelatihan keterampilan,” kata dia kepada Harianjogja.com, Jumat.

Dia menjelaskan pembagian sembako tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak pertengahan Maret lalu. Sejumlah kelurahan dan desa di DIY sudah disasar. Apabila dijumlah, total bantuan yang terhimpun hingga saat ini mencapai sekitar Rp250 juta. KDK menyalurkannya dalam bentuk sembako dan alat perlindungan diri [APD],” ucap Imam.

Rencananya dia juga akan mengembangkan bantuan dalam bentuk pembekalan keterampilan. Bidang yang akan diajarkan, kata Imam, condong kepada keterampilan yang mampu diandalkan saat masa sulit seperti pandemi ini, seperti misalnya penjualan online yang diharapkan bisa mendukung pelaku usaha memasarkan produk saat masa pembatasan fisik.(