Di Jogja, Wanita Bermasker Bagi-Bagi Duit dari Atas Mobil Mewah

Wanita bermasker bagikan duit kepada warga dari atas mobil mewah. - Ist/tangkapan layar video
04 Mei 2020 13:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Sebuah video seorang wanita mengenakan jaket hitam bermasker di atas mobil mewah jenis Hummer membagi-bagikan uang tersebar melalui pesan berantai dan di media sosial. Peristiwa itu diketahui di terjadi di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo hingga Jalan Sudirman, Kota Jogja, Minggu (3/5/2020).

Dalam video yang beredar tampak seorang wanita memakai jaket hitam menggunakan masker tampak keluar dariĀ  bagian atas mobil jenis Hummer warna oranye melalui sunroof. Mereka tampak membagi-bagikan uang lembaran kertas berwarna merah kepada siapa saja yang berada di pinggir jalan. Beberapa orang seperti tukang parkir, karyawan toko dan ojol serta warga lainnya terlihat menjulurkan tangan kepada wanita tersebut untuk meraih uang. Beberapa warga berusaha memanjat dari sisi samping kiri mobil untuk memudahkan mendekat kepada wanita tersebut.

Aksi itu diduga berada di Jalan Urip Sumoharjo Kota Jogja karena di dalam video tampak terlihat papan nama sebuah supermarket di kawasan tersebut. Pembagian duit oleh crazy rich itu dikawal oleh orang mengenakan baju loreng oranye dari ormas pemuda pancasila.

Saat dimintai konfirmasi Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila (PP) DIY Yuni Astuti membenarkan bahwa wanita yang membagikan uang tersebut adalah dirinya. Ia mengaku hanya spontanitas membagi-bagikan uang tersebut, mulai dari kawasan pertokoan Jalan Urip Sumoharjo hingga simpang empat Tugu Jogja. Peristiwa sesuai dengan video yang beredar itu terjadi pada Minggu (3/5/2020).

"Hanya spontanitas, ini sebenarnya kegiatan rutin baksos kami, karena ini ada pandemi corona, maka konsepnya sambil berjalan [di mobil] pelan, kami juga membagikan takjil dan masker," katanya melalui ponselnya, Senin (4/5/2020).

Aksi membagi bantuan dengan tetap berada di atas mobil itu, kata Yuni, justru terinspirasi Presiden Joko Widodo yang beberapa waktu lalu membagikan sembako dengan tetap di atas mobil untuk menerapkan physical distancing. "Saya terinspirasi Pak Jokowi," ucapnya.

Ditanya soal jumlah uang yang dibagikan Yuni enggan menyampaikan, tetapi ia tidak menampik bahwa duit yang diberikan ke warga jumlahnya mencapai jutaan. "Ya segitulah, intinya saya ingin berbagi kepada masyarakat soal nominal berapa tidak bisa saya sebutkan," katanya.