Advertisement

Di Tengah Pandemi Corona, Warga Binaan Rutan Kelas II B Wates Sumbang Kusen

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 06 Mei 2020 - 05:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Di Tengah Pandemi Corona, Warga Binaan Rutan Kelas II B Wates Sumbang Kusen Kepala Rutan Kelas II B Wates, Deny Fajariyanto (tengah) usai penyerahan bantuan kusen di depan komplek rutan, Selasa (5/5/2020). - ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Pandemi Coronavirus Disesase 2019 (Covid-19) tak menghentikan aktivitas warga binaan di Rumah Tahanan Kelas II Wates. Selama menjalani masa tahanan, mereka tetap berkarya. Salah satunya membikin kusen untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada Selasa (5/5/2020), kusen bikinan warga binaan rutan diserahkan kepada Bambang Juritno dan Adi Suwito, warga Karangsari, Kapanewon Pengasih. Sumbangan kusen itu merupakan kerjasama antara Rutan Kelas IIB Wates dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

Advertisement

"Kegiatan ini bertujuan untuk merekatkan tali persaudaraan, persatuan, kesatuan, dan semangat gotong royong sesama warga Kulonprogo, semoga hasil karya warga binaan dapat bermanfaat bagi penerima bantuan," ujar Kepala Rutan Kelas II B Wates, Deny Fajariyanto, usai penyerahan bantuan kusen di depan komplek rutan setempat, Selasa (5/5/2020) pagi.

Deny menjelaskan Rutan Kelas IIB Wates telah memiliki program pembinaan keterampilan bagi Warga Binaan pemasyarakatan. Selama warga binaan menjalani masa hukuman, mereka dibina dengan berbagai macam keterampilan, mulai dari menjahit, keahlian pertukangan dan pertanian. Pembinaan dilakukan agar para warga binaan memiliki keterampilan sebelum kembali ke masyarakat.

"Dan kusen-kusen ini merupakan hasil karya dari warga binaan, jadi mereka tidak didiamkan saja selama menjalani masa pidana, namun mereka diberikan pembinaan dan pembekalan agar dapat berkarya setelah bebas nanti, " ucap Deny.

Deny menyatakan pihaknya akan terus menyalurkan kusen-kusen hasil Warga binaan ini kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu pihaknya juga akan terus mengembangkan program pembinaan keterampilan bagi seluruh warga binaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement