DPP Optimistis Masa Tanam Kedua di Gunungkidul Lancar

Ilustrasi pertanian - Harian Jogja/David Kurniawan
05 Mei 2020 22:12 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Petani di Kabupaten Gunungkidul memasuki masa tanam kedua di 2020. Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul pun memastikan masa tanam kali ini berjalan sesuai target dan lancar.

Beberapa waktu lalu DPP mengeluarkan surat edaran tentang percepatan masa tanam kedua, khususnya percepatan pengolahan lahan, gerakan tanam padi di lahan yang ada sumber air hingga tanam palawija di lahan tadah hujan. "Masa tanam sudah terlaksana dengan baik dam semangat para petani sangat bagus," kata Kabid Tanaman Pangan DPP Gunungkidul, Raharjo Yuwono, Selasa (5/5/2020).

Ia mengungkapkan di awal Mei ini ada 7.370 hektare lahan yang ditanami padi, dan tanaman jagung di lahan seluas 3.860 hektare. Raharjo menuturkan kelancaran masa tanam kedua ini sangat didukung dengan penyediaan benih secara mandiri oleh para petani.

"Setiap masa tanam tidak boleh dobel, tetapi kalau beda komoditas boleh seperti kedelai dan padi, kalau padi dan padi tidak boleh," ujarnya. Untuk benih bantuan dari pemerintah Raharjo menyatakan akan dibagikan saat masa tanam pertama di musim hujan yang akan datang.