Advertisement

Kandang Terbakar, 3 Ekor Sapi Mati Terpanggang

Muhammad Nadhir Attamimi
Kamis, 07 Mei 2020 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kandang Terbakar, 3 Ekor Sapi Mati Terpanggang Kandang sapi milik Sarto Wiyono, 65, warga Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang pada Kamis (7/5/2020) pagi, ludes terbakar dan mengakibatkan tiga ekor sapi mati. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Kandang sapi milik Sarto Wiyono, 65, warga Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang pada Kamis (7/5/2020) pagi, ludes terbakar. Akibatnya, tiga ekor sapi dewasa yang ada dalam kandang ikut mati terpanggang.

Kapolsek Panggang, AKP Mujiman mengungkapkan penyebab kejadian diduga sang pemilik lupa mematikan api yang sengaja dibuat saat malam harinya. Api tersebut dibuat untuk mengeringkan stok jerami yang akan digunakan untuk pakan sapi. Namun, pemilik tersebut pulang tanpa memadamkan api.

Advertisement

"Jadi pemilik kandang ini membuat api dengan membakar sampah dan limbah kayu untuk keringkan jerami, tapi ketika pulang kondisi api masih menyala," kata Mujiman, Kamis (7/5/2020).

Seperti diketahui, kandang sapi tersebut terbuat dari kayu dengan ukuran 10x5 meter yang berlokasi di Alas Tumbak, Dusun Warak, Desa Girisekar, Panggang, dimana lokasi kandang berada jauh dari rumah pemilik kandang dan juga jauh dari pemukiman penduduk.

Ia menuturkan kronologi penemuan kejadian bermula saat salah seorang saksi mata bernama Puji Utomo, warga setempat hendak menuju sawah miliknya sekira pukul 06.00 WIB. Saat melewati kandang milik korban, Puji menemukan kandang sudah dalam kondisi hangus terbakar.

"Saksi melihat ada tga ekor sapi mati terpanggang dikandang yang terbakar itu," paparnya.

Setelah mendapati kejadian tersebut, lanjut Mujiman, saksi lantas melaporkan kejadian nahas tersebut kepada sang pemilik. Mendengar kejadian itu, pemilik kaget lantas mengecek langsung ke kandangnya. Setelah mendapati, si pemilik tak bisa berbuat banyak dengan kejadian tersebut.

Untungnya, insiden kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa. Sedangkan kerugian ditaksir mencapai Rp60 juta dengan rincian satu unit kandang sapi senilai Rp10 juta, satu ekor sapi betina dewasa umur lima tahun seharga Rp20 juta, satu ekor anak sapi jantan umur dua tahun seharga Rp16 juta dan satu ekor anak sapi jantan umur 1,5 tahun seharga Rp14 juta.

"Evakuasi tiga ekor sapi bangkai sapi dilakukan oleh warga setempat yang tidak jauh dari kandang semula, disaksikan pemilik juga," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement