Advertisement

Hujan Deras, Pohon Bertumbangan di Kota Jogja

Sunartono
Minggu, 10 Mei 2020 - 01:07 WIB
Nina Atmasari
Hujan Deras, Pohon Bertumbangan di Kota Jogja Relawan membersihkan pohon tumbang di Kota Jogja, Sabtu (9/5/2020). - Ist/BPBD Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kota Jogja dan sekitar Sabtu (9/5/2020) sore. Akibatnya sejumlah pohon di berbagai titik pun bertumbangan menimpa pagar hingga kabel listrik.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Jogja Hari Wahyudi menjelaskan hujan deras dan angin kencang yang terjadi di Kota Jogja berdampak pada sejumlah pohon bertumbangan. Pohon tumbang antara lain terjadi di Jalan Sisingamangaraja tepatnya di Depan Kantor Pos Mergangsan.

Advertisement

Sebuah pohon Waru dengan tinggi sekitar delapan meter dan diameter 30 sentimeter. "Dampaknya menutup akses jalan dan menimpa kabel listrik dan telpon," katanya Sabtu (9/5/2020) petang.

Selain itu sebuah pohon Nangka dengan diameter 60 sentimeter dan tinggi 12 sentimeter yang tumbang juga terjadi di Nyutran MG 2 / 1778 Rt 66 Rw 21 Wirogunan Mergangsan. Pohon milik warga ini tumbang hingga menutup akses jalan, menimpa pagar Kantor KUA Mergangsan dan menimpa kabel listrik.

Hari menambahkan peristiwa hampir bersamaan juga masih terjadi di Mergangsang, tepatnya di Karanganyar MG 3 / 1267 Rt 59 Rw 16 Brontokusuman. Pohon Melinjo dengan tinggi 10 meter dan diameter 30 sentimeter tumbang akibat angin kencang hingga menimpa atap rumah warga.

Sebuah pohon juga tumbang tepatnya di Jalan Colombo tepat di sebelah utara RS Panti Rapih. Pohon yang tumbang sempat menutup akses jalan raya di kawasan tersebut. "Penyebabnya hujan cukup deras dan disertai angin kencang," ujarnya.

Hari memastikan tidak ada korban dalam peristiwa itu hanya beberapa kerusakan seperti pagar dan menimpa kabel listrik. Pihaknya mengerahkan personel BPBD Kota Jogja untuk melakukan tindakan pemotongan dan membersihkan sekitar lokasi terdampak.

Selain dibantu personel dari instansi lain seperti DLH Kota Jogja, pembersihan juga dibantu oleh sejumlah komunitas dan relawan dari kampung tanggap bencana. Sedangkan untuk pohon tumbang di Jalan Colombo ditangani langsung oleh petugas di UGM.

"Untuk yang ditangani BPBD Kota Jogja kami dibantu beberapa relawan seperti dari KTB Pugeran, KTB Sorogenen, KTB Karanganyar dan lain-lain. Sehingga proses pembersihan berjalan cepat dan sudah selesai," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jamaika Resmi Mengakui Kedaulatan Palestina

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement