Telur Ayam Joper Hasil Budidaya KWT Kulonprogo Mulai Dipasok ke E-Warong

Foto Ilustrasi. - Antara Foto
14 Mei 2020 04:07 WIB Catur Dwi Janati Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Kulonprogo terus menggenjot pemanfaatan pekarangan dengan mengoptimalkan tanah yang terbatas melalui Kelompok Wanita Tani (KWT). Tidak hanya digunakan untuk bercocok tanam seperti menanam sayuran dan buah-buahan, KWT juga mengembangkan peternakan ayam khusus Joper atau Jowo Super.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Aris Nugraha menerangkan Ayam Joper (Jowo Super) merupakan ayam persilangan antara ayam Jawa lokal jantan dengan ayam petelur betina. "Sehingga hasil persilangan tersebut menghasilkan ayam dengan sifat unggul," jelas Aris dihubungi pada Rabu (12/5/2020).

Adapun unggul yang dimaksud Aris meliputi rasa daging yang menyerupai ayam lokal, namun memiliki ketahanan yang kuat terhadap penyakit. "Ayam Joper juga mampu tumbuh dengan cepat dan kemampuan bertelur yang banyak," jelasnya.

Telur ayam Joper punya keunggulan dibandingkan dengan telur ayam ras negeri. Aris menerangkan dalam 80 gram sampai 100 gram telur ayam ras negeri mengandung 150 kalori, 12,5 gram protein, 1 gram karbohidrat dan 10 gram lemak.

Sementara pada telur ayam Joper mengandung energi sebanyak 150 kalori, 13 gram protein, 10 gram lemak, dan 1,5 gram karbohidrat. "Jika dibandingkan, kandungan protein dan karbohidrat pada telur ayam Joper sedikit lebih banyak ketimbang telur ayam ras negeri," ujarnya.

Saat ini ada 15 Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kulonprogo yang melaksanakan budidaya ayam Joper. "Tujuan utamanya untuk memenuhi kebutuhan gizi anggota, selebihnya untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga masing-masing anggota KWT dari hasil penjualan telur ayam ke E-Warong," ujarnya.

Pada bulan April, produksi telur ayam Joper setidaknya mampu memenuhi kebutuhan empat E-Warong di Kulonprogo. "Targetnya bulan Mei produksi telur ayam Joper KWT mampu mencukupi menjadi enam E-Warong," tukas Aris.

Bagi warga Kulonprogo yang berminat, telur ayam Joper juga bisa dipesan via daring melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp.