Advertisement

Telur Ayam Joper Hasil Budidaya KWT Kulonprogo Mulai Dipasok ke E-Warong

Catur Dwi Janati
Kamis, 14 Mei 2020 - 04:07 WIB
Nina Atmasari
Telur Ayam Joper Hasil Budidaya KWT Kulonprogo Mulai Dipasok ke E-Warong Foto Ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Kulonprogo terus menggenjot pemanfaatan pekarangan dengan mengoptimalkan tanah yang terbatas melalui Kelompok Wanita Tani (KWT). Tidak hanya digunakan untuk bercocok tanam seperti menanam sayuran dan buah-buahan, KWT juga mengembangkan peternakan ayam khusus Joper atau Jowo Super.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Aris Nugraha menerangkan Ayam Joper (Jowo Super) merupakan ayam persilangan antara ayam Jawa lokal jantan dengan ayam petelur betina. "Sehingga hasil persilangan tersebut menghasilkan ayam dengan sifat unggul," jelas Aris dihubungi pada Rabu (12/5/2020).

Advertisement

Adapun unggul yang dimaksud Aris meliputi rasa daging yang menyerupai ayam lokal, namun memiliki ketahanan yang kuat terhadap penyakit. "Ayam Joper juga mampu tumbuh dengan cepat dan kemampuan bertelur yang banyak," jelasnya.

Telur ayam Joper punya keunggulan dibandingkan dengan telur ayam ras negeri. Aris menerangkan dalam 80 gram sampai 100 gram telur ayam ras negeri mengandung 150 kalori, 12,5 gram protein, 1 gram karbohidrat dan 10 gram lemak.

Sementara pada telur ayam Joper mengandung energi sebanyak 150 kalori, 13 gram protein, 10 gram lemak, dan 1,5 gram karbohidrat. "Jika dibandingkan, kandungan protein dan karbohidrat pada telur ayam Joper sedikit lebih banyak ketimbang telur ayam ras negeri," ujarnya.

Saat ini ada 15 Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kulonprogo yang melaksanakan budidaya ayam Joper. "Tujuan utamanya untuk memenuhi kebutuhan gizi anggota, selebihnya untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga masing-masing anggota KWT dari hasil penjualan telur ayam ke E-Warong," ujarnya.

Pada bulan April, produksi telur ayam Joper setidaknya mampu memenuhi kebutuhan empat E-Warong di Kulonprogo. "Targetnya bulan Mei produksi telur ayam Joper KWT mampu mencukupi menjadi enam E-Warong," tukas Aris.

Bagi warga Kulonprogo yang berminat, telur ayam Joper juga bisa dipesan via daring melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Batas Jabatan Kian Dekati Ujungnya, Jokowi Berambisi Tambah Saham di PT Freeport

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement