Advertisement

PT AP 1 Siapkan 500 Alat Rapid Test Corona untuk Pengguna Bandara Kulonprogo

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 14 Mei 2020 - 21:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
PT AP 1 Siapkan 500 Alat Rapid Test Corona untuk Pengguna Bandara Kulonprogo Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok PT Angkasa Pura I (Persero)

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Angkasa Pura 1 (Persero) menyiapkan 500 unit alat rapid diagnostic test (RDT) Covid-19 di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kulonprogo. RDT itu diperuntukkan bagi pengguna jasa penerbangan yang belum melampirkan surat keterangan sehat sebagai syarat bepergian saat pandemi Covid-19 melalui YIA. Selain calon penumpang pesawat, RDT ini juga bisa diakses oleh masyarakat umum.

"Alhamdulillah kami sudah mendatangkan 500 buah [RDT] yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi calon penumpang yang belum melampirkan dokumen negatif Covid-19. Kami juga mengizinkan masyarakat umum untuk mengakses fasilitas ini," ujar Pelaksana Tugas Sementara (Pts) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, kepada awak media, Kamis (14/5).

Advertisement

Pandu mengatakan pemeriksaan menggunakan RDT dilakukan di posko pendataan dan pemeriksaan penumpang di terminal keberangkatan YIA. Petugas yang memeriksa adalah tenaga medis dan dokter yang didatangkan langsung dari Rumah Sakit Panti Rapih, Jogja. "Setelah tahu hasilnya, jika positif nanti akan ditindaklanjuti Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 DIY," kata Pandu.

Disinggung mengenai berapa uang yang harus dikeluarkan untuk bisa mengakses RDT, Pandu enggan menyebutkan nominal. "Yang jelas biaya kami tekan seminimal mungkin karena sifatnya pelayananan," ucapnya.

Pengadaan RDT ini sejatinya bertujuan untuk memfasilitasi calon penumpang pesawat yang belum memiliki dokumen kesehatan sebagai syarat berpergian lintas daerah di tengah pandemi Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement