PT AP 1 Siapkan 500 Alat Rapid Test Corona untuk Pengguna Bandara Kulonprogo

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok PT Angkasa Pura I (Persero)
14 Mei 2020 21:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Angkasa Pura 1 (Persero) menyiapkan 500 unit alat rapid diagnostic test (RDT) Covid-19 di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kulonprogo. RDT itu diperuntukkan bagi pengguna jasa penerbangan yang belum melampirkan surat keterangan sehat sebagai syarat bepergian saat pandemi Covid-19 melalui YIA. Selain calon penumpang pesawat, RDT ini juga bisa diakses oleh masyarakat umum.

"Alhamdulillah kami sudah mendatangkan 500 buah [RDT] yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi calon penumpang yang belum melampirkan dokumen negatif Covid-19. Kami juga mengizinkan masyarakat umum untuk mengakses fasilitas ini," ujar Pelaksana Tugas Sementara (Pts) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, kepada awak media, Kamis (14/5).

Pandu mengatakan pemeriksaan menggunakan RDT dilakukan di posko pendataan dan pemeriksaan penumpang di terminal keberangkatan YIA. Petugas yang memeriksa adalah tenaga medis dan dokter yang didatangkan langsung dari Rumah Sakit Panti Rapih, Jogja. "Setelah tahu hasilnya, jika positif nanti akan ditindaklanjuti Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 DIY," kata Pandu.

Disinggung mengenai berapa uang yang harus dikeluarkan untuk bisa mengakses RDT, Pandu enggan menyebutkan nominal. "Yang jelas biaya kami tekan seminimal mungkin karena sifatnya pelayananan," ucapnya.

Pengadaan RDT ini sejatinya bertujuan untuk memfasilitasi calon penumpang pesawat yang belum memiliki dokumen kesehatan sebagai syarat berpergian lintas daerah di tengah pandemi Corona.