Jelang Idulfitri, Wakil Rakyat PDI Perjuangan DIY Bagikan Sembako ke Penyandang Disabilitas di Bantul

Anggota DPRD DIY Fraksi PDI Perjuangan, Ispriyatun Katir, Jumat, 22 Mei 2020 memberikan bantuan sembako kepada para penyandang disabilitas yang terdampak Covid-19 di wilayah Bantul. - Istimewa
22 Mei 2020 21:47 WIB Media Digital Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTULBertempat di Sekretariat Masyarakat Peduli Penyandang Disabilitas (MPPD), JL. Imogiri Barat KM 11, anggota DPRD DIY Fraksi PDI Perjuangan, Ispriyatun Katir, Jumat, 22 Mei 2020 memberikan bantuan sembako kepada para penyandang disabilitas yang terdampak Covid-19 di wilayah Bantul. Bantuan 140 Paket Sembako tersebut diterima oleh perwakilan dari MPPD yang anggotanya juga terdiri dari para penyandang disabilitas, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan penyandang Hydrocephalus. Kegiatan pemberian paket sembako tersebut juga dihadiri Pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Banguntapan dan Team The Katir Center.

Aksi sosial ini sebagai bentuk respon aspirasi dari MPPD kepada DPRD DIY agar para penyandang disabilitas, ABK dan Penyandang Hydrocephalus mendapatkan perhatian dari pemerintah. MPPD mengharapkan mereka dapat mengakses program-program Jaring Pengaman Sosial yang dimiliki oleh Pemerintah untuk meringankan beban mereka terutama saat terjadi pandemic seperti sekarang ini.

“Para penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok rentan masyarakat sehingga pemerintah termasuk Pemerintah DIY wajib hukumnya untuk memberikan perhatian lebih kepada mereka,”ujar Katir kepada awak media. 

Pemerintah mesti melakukan pendataan yang lebih valid terhadap  masyarakat yang memiliki kerentanan sosial ekonomi apalagi disaat Pandemi akibat Covid-19 ini. Kelompok rentan ini lah yang pasti terkena dampak sosial-ekonomi saat terjadi musibah seperti pandemic ini. Oleh karena itu Pemerintah tidak boleh abai terhadap mereka dan menggandeng masyarakat yang peduli terhadap penyandang disabilitas untuk merumuskan program-program untuk mereka.

Situasi Pandemi ini memberikan pelajaran penting bagi kita bahwa pembelaan dan perlindungan kepada kelompok masyarakat yang rentan secara sosial-ekonomi harus disiapkan sistem yang baik sehingga ketika terjadi bencana dalam bentuk apapun, pemerintah sudah siap memberikan perlindungan sosial-ekonomi kepada Wong Cilik tersebut yang salah satunya adalah para penyandang disabilitas.

“Semoga Paket Sembako ini dapat bermafaat bagi masyarakat penyandang disabilitas dalam menghadapi situasi pademi sekarang ini Apalagi menjelang Hari Raya Iedul Fitri seperti ini dimana semua masyarakat biasanya merayakan dengan penuh suka cita, kini harus merayakan dengan penuh keprihatinan dalam kondisi sosial dan physical disntancing,” pungkas Katir. (*)