Advertisement

Begini Gambaran Lengangnya Jalanan Kota Jogja Selama Dua Hari Lebaran

Catur Dwi Janati
Senin, 25 Mei 2020 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
Begini Gambaran Lengangnya Jalanan Kota Jogja Selama Dua Hari Lebaran Malioboro di hari kedua Lebaran 2020, Senin (25/5/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jalanan di Kota Jogja pada Hari Raya Idulfitri sepi, jauh berbeda dengan Lebaran tahun lalu. Pada hari pertama dan kedua Lebaran, lalu lintas sangat lengang pada pagi hingga sore hari.

Di kawasan Malioboro, kendaraan yang melintas tak seperti Lebaran tahun lalu yang penuh sesak. Malioboro yang sempat macet pada malam takbiran, Sabtu (23/5/2020) berubah sunyi pada Minggu (24/5/20200 dan Senin (25/5/2020).

Advertisement

Kendaraan melintas dengan lancar. Bangku-bangku di sepanjang kawasan pedestrian Malioboro lebih banyak kosong ketimbang terisi. Hanya satu dua pengunjung yang kongko.

Mayoritas para pengusaha di kawasan tersebut masih tutup.  Beberapa pertokoan dan pedagang kaki lima memang masih dijumpai ada yang telah beroperasi, namun jumlahnya masih sedikit. 

Salah satu pengunjung Malioboro, Ahmad Marzuki, mengungkapkan situasi Malioboro saat ini memang jauh berbeda bila dibandingkan dengan Lebaran sebelum pandemi.

Ahmad yang mengaku sedang jenuh memang sengaja mampir dari Brosot, Bantul untuk sekedar melepas penat. “Selama lima bulan saya menunggu bapak yang sakit di rumah sakit, kondisinya sekarang sudah membaik jadi saya tadi pergi cari ATM sekalian mampir,” katanya. 

Situasi yang tidak berbeda juga terjadi di Titik Nol. Pada Lebaran tahun lalu pengunjung berjubel antre melakukan foto, situasi hari ini relatif sepi. Bangku-bangku yang ada pun terlihat tidak banyak diisi orang. Meski demikian para pelancong masih ditemui di kawasan tersebut.

Luthfi A., mahasiswi asal Kediri, tak bisa pulang karena pandemi Covid-19. Sehari-hari ia hanya berdiam di kamar mengerjakan tugas atau kuliah daring. Untuk atasi kebosanan ia pun mengaku beberapa kali keliling Jogja mengendarai sepeda motor tanpa berhenti di suatu tempat. "Keluar rumah kalau ada perlunya saja, kalau bosen beberapa kali muter-muter aja naik motor terus nanti balik ke rumah lagi,” ujarnya. 

Luthfi mengaku baru kali ini keluar rumah untuk bermain dan mendapati jalanan di Kota Jogja sangat lengang. Berdasarkan pantauan Harian Jogja, beberapa jalan protokol seperti Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Mataram, jalan di depan Stasiun Tugu, Jl. Urip Sumoharjo, hingga Jl. KH Ahmad Dahlan cukup lengang di hari pertama dan kedua Lebaran dari pagi sampai dengan sore. Lalu lintas lancar dan tak ada deretan panjang kendaraan bermotor di tiap kampu lalu lintas di persimpangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement