Gelombang Pasang di Pantai Trisik Kulonprogo Nyaris Terjang Warung

Tangkapan layar video detik-detik gelombang pasang terjang kawasan Pantai Trisik, Kapanewon Temon, Kulonprogo, Selasa (26/5/2020). - Istimewa
26 Mei 2020 12:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Gelombang pasang menerjang Pantai Trisik, Kapanewon Galur, Kulonprogo, Selasa (26/5/2020) pagi. Di pantai itu, gelombang hampir menerjang warung yang berada tak jauh dari bibir pantai.

Detik-detik terjangan gelombang pasang di Pantai Trisik terekam kamera ponsel milik personel Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo. Dalam video berdurasi 19 detik itu, terlihat gelombang pasang menggulung pelbagai benda seperti kayu dan sampah yang bertebaran di bibir pantai. Gelombang itu juga hampir mencapai bangunan warung yang berjarak sekitar 30 meter dari bibir pantai.

Koordinator SRI Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, mengatakan sejak beberapa hari ini, terjadi peningkatan gelombang. Tak hanya di Pantai Trisik, tetapi juga sepanjang pantai di Kulonprogo. "Hempasan ombaknya mencapai 20 sampai 25 meter," ujarnya kepada awak media, Selasa siang.

Kendati begitu, Aris memastikan sampai saat ini belum ada laporan kerusakan yang disebabkan oleh fenomena alam tersebut. "Tapi kami tetap mengimbau kepada nelayan, maupun pemancing yang masih beraktivitas di pantai Kulonprogo, untuk sementara menghentikan aktivitas tersebut, biar kondisi normal dulu," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika DIY, pada hari ini, ketinggian gelombang laut di perairan selatan DIY berkisar 2,5 meter sampai 4 meter. Seluruh wilayah DIY juga berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan-sedang.