Tenaga Medis Sleman Jalani Rapid Test

Suasana rapid test bagi pengunjung Indogrosir yang digelar di Gor Pangukan, Sleman, Selasa (12/5/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
03 Juni 2020 18:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Setelah melakukan serangkaian kegiatan rapid diagnostic test (RDT) terkait klaster Indogrosir, seluruh tenaga medis dan tenaga pendukung akan menjalani RDT Covid-19. Hal itu dilakukan untuk memeriksa kondisi kesehatan para tenaga medis sejak memeriksa ribuan orang pengunjung Indogrosir.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan pemeriksaan RDT bagi tenaga medis ini dilakukan setelah mereka mengikuti kegiatan RDT Covid-19 di GOR Pangukan. "Rapid tes besok (hari ini) untuk tenaga yang mendukung rapid tes di Pangukan. Untuk tenaga-tenaga yang di Puskesmas sebagian sudah menjalani tes di Puskesmas masing-masing," kata Joko, Rabu (3/6/2020).

Sekadar diketahui, Dinkes menerjunkan ratusan tenaga medis untuk mendukung pelaksanaan RTD bagi sekitar 1.500 warga yang menjadi pengunjung Indogrosir. Pelaksanaan RDT bagi pengunjung Indogrosir ini digelar sejak 12 Mei hingga 27 Mei lalu. Pemeriksaan juga dilakukan bagi PNS maupun relawan baik dari BPBD maupun PMI Sleman.

Sebagian pengujung dinyatakan reaktif saat mengikuti RDT. Mereka yang reaktif kemudian dikarantina di Asrama Haji untuk dilakukan uji swab. Hampir semua pengunjung yang diswab hasilnya negatif Covid-19.