Advertisement

4 Partai Ini Disebut Sepakat Dukung Suharsono-Totok di Pilkada Bantul

Ujang Hasanudin
Jum'at, 12 Juni 2020 - 14:37 WIB
Budi Cahyana
4 Partai Ini Disebut Sepakat Dukung Suharsono-Totok di Pilkada Bantul Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Tim pemenangan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Bantul, Suharsono-Totok Sudarto, mengklaim mendapat tambahan dukungan partai pengusung dalam Pilkada 2020 ini. Tambahan dukungan itu dari Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sebelumnya Gerindra dan Nasdem sudah lebih dulu mendeklarasikan dukungan untuk Suharsono-Totok.

“Empat partai sepakat untuk mengusung Harsono-Totok, yakni Gerindra, Nasdem, Golkar, dan PKS,” kata Ketua Posko Pemenangan Suarsono-Totok, Arif Iskandar, saat dihubungi melalui ponsel, Jumat (12/6/2020).

Advertisement

Arif mengatakan kesepakatan mengusung paket bakal calon Suharsono-Totok itu lahir melalui pertemuan pada Senin (8/6/2020) malam lalu di kediaman Suharsono. Dengan adanya tambahan dukungan tersebut, kata Arif, batas syarat partai koalisi mengusung paket bakal calon bupati dan wakil bupati sudah terpenuhi.

Suharsono-Totok mengantongi dukungan 18 kursi di DPRD Bantul yang terdiri dari Gerindra delapan kursi, Golkar lima kursi, PKS empat kursi, dan Nasdem satu kursi. Sementara syarat mengusung bakal calon hanya sembilan kursi.

Arif mengatakan dukungan untuk Suharsono-Totok tidak hanya dari empat partai. Ada sejumlah partai lainnya yang akan bergabung dalam waktu dekat ini. Saat ini pihaknya masih menjalin komunikasi dengan partai-partai tersebut di antaranya Partai Amanat Nasional (PAN) Demokrat, Partai Persatuan pembangunan (PPP) dan Partai Bulan Bintang (PBB). “Masih kami komunikasikan tapi ada satu partai yang kepastian dukungannya sudah sekitar 95%,” kata Arif.

Sekretaris DPC Nasdem Bantul ini mengatakan persiapan tim pemenangan Suharsono-Totok sudah sampai pada tahap pembentukan koordinator sukarelawan dari tingkat kabupaten sampai tingkat RT. Sukarelawan segera diresmikan dan mulai bekerja pada Juli mendatang.

Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwinto, menguatkan adanya kesepakatan yang dibuat Gerindra, Nasdem, Golkar, dan PKS. Ia ikut di dalam pertemuan tersebut, sementara PKS diwakili oleh Agung Laksmono selaku Sekretaris DPD PKS Bantul. Adapun Bibit Rustamta mewakili Nasdem dan Ketua DPD Golkar Bantul Paidi mewakili Golkar.

Suharsono dan Totok Sudarto, kata Darwinto, juga hadir dalam pertemuan tersebut. “Empat partai ini sepakat sebagai pengusung,” ujar Darwinto.

Kesepakatan itu akan segera dideklarasikan sambil menunggu partai lainnya bergabung. Wakil Ketua DPD II Golkar Bantul,  Heru Sudibyo mengakui pertemuan tersebut. Heru tidak menampik rekomendasi dari DPP Golkar sudah keluar untuk pasangan Suharsono dan Totok Sudarto. “Tapi rekomendasi itu sifatnya baru sementara, belum final,” kata Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement