Berpredikat sebagai Partai Baru, Begini Cara Gelora Dekati Publik

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
13 Juni 2020 12:07 WIB Arief Junianto Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebagai bentuk adaptasi aktivitas politik di era new normal, partai politik baru, Partai Gelora punya cara sendiri dalam menjaring aspirasi warga sekaligus mengenalkan partai tersebut kepada masyarakat luas.

Partai yang namanya merupakan kependekan dari Partai Gelombang Rakyat tersebut kini menggagas acara bertajuk Angkringan Virtual.
Ketua DPW Partai Gelora DIY Zuhrif Hudaya mengatakan Angkringan Virtual merupakan ruang studio yang disiapkan untuk memproduksi konten digital politik Partai Gelora.
"Karena hari ini dan beberapa waktu ke depan kan masih harus menjaga jarak fisik, menghindari kerumunan. Bahkan sebisa mungkin masih lebih baik melakukan aktivitas di rumah, selagi memungkinkan," ucap dia melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (13/6/2020).

Itulah sebabnya, kata dia, Partai Gelora memilih melakukan komunikasi publik melalui media digital. Di studio itulah nantinya Partai Gelora akan memproduksi konten digital tersebut secara terus menerus. "Karena memang fungsi partai politik kan memproduksi sebanyak mungkin ide dan gagasan untuk kebijakan publik," kata Zuhrif.

Konten digital tersebut, imbuh dia, nantinya bisa berbentuk audio visual maupun berupa video atau audio saja, atau yang biasa dikenal dengan podcast. Selanjutnya konten itu akan disebarluaskan melalui kanal sosial media agar dapat ditangkap publik seluas-luasnya.

Dengan pendekatan tersebut, Partai Gelora DIY berharap komunikasi dan edukasi politik tetap bisa dijalankan secara maksimal di tengah new normal. "Karena memang waktu ini kan kita belum bisa bikin pertemuan-pertemuan massal di gedung atau lapangan lagi," kata dia.

Dalam program angkringan yang mengangkat tagline Media Jagongan Warga Jogja itu, Partai Gelora DIY akan mengundang para tokoh untuk juga duduk bersama, berdiskusi dan berbagi ide gagasan untuk menjawab berbagai persoalan publik DIY.

Termasuk pula terkait dengan persiapan jelang pilkada di tiga kabupaten, Bantul, Sleman dan Gunungkidul. "Partai Gelora akan memberikan dukungan kepada para calon yang memang siap dengan gagasan untuk membawa kemajuan daerah dan kemakmuran rakyat," tegas Zuhrif.

Dia menambahkan Angkringan Virtual akan di-launching pada Sabtu, mulai pukul 18.00 WIB. Sebagai agenda awal, Angkringan Virtual juga bisa disaksikan via Zoom dan akan disebarluaskan melalui akun media sosial Partai Gelora DIY.

Puncaknya akan diisi dengan serial pidato politik Ketua Umum Gelora Indonesia, Anis Matta pada pukul 20.00 WIB dengan mengambil tema Revolusi Mental dalam Al-Qur'an.