Harian Jogja Gelar Lomba Desain Masker Berhadiah Jutaan Rupiah, Ikut Yuk!

Lomba masker. - Ist
16 Juni 2020 21:37 WIB Hery Setiawan (ST 18) Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Tiga bulan masa pandemi Covid - 19 bukanlah waktu yang singkat. Setiap hari masyarakat melalui kehidupan hanya di rumah. Tentu saja, rasa bosan pun bisa datang setiap saat. Untuk itu, Harian Jogja bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Badan Otorita Borobudur [BOB] akan menggelar lomba desain masker dan video kreatif. Perlombaan ini juga disponsori oleh Gojek, Alfamart, PLN, Diskominfo DIY, GMedia, CV Albis, dan PT. Global Prima Utama.

Ketua lomba, Laila Rochmatin menuturkan saat ini pandemi Covid - 19 tengah menjadi isu yang hangat diperbincangkan. Melalui lomba, masyarakat diajak untuk ikut serta dalam kampanye pencegahan Covid - 19. Karya terpilih akan mendapatkan hadiah senilai jutaan rupiah.

"Lomba desain masker berhadiah uang tunai dengan total jutaan rupiah. Untuk lomba video selain uang tunai juga ada voucher senilai jutaan rupiah dari Alfamart. Peserta terbuka untuk umum," kata perempuan yang akrab disapa Ela itu, Selasa (16/6/2020).

Pendaftaran dan pengiriman karya untuk lomba desain masker akan dibuka hingga Senin (22/6/2020). Peserta boleh mengirimkan maksimal tiga karya sekaligus. Peserta adalah Warga Negara Indonesia [WNI] dan wajib melampirkan foto identitas diri.

Materi desain masker berisi kata-kata unik dengan tema ajakan melawan virus Covid - 19 dan menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, desain masker harus mencantumkan logo BPJS Kesehatan dan BOB. Materi desain dikirim ke surel lomba@harianjogja.com dan unggah melalui akun Instagram masing-masing peserta. Lalu tandai akun @harianjogja, @boborobudur, dan @bpjskesehatan_ri dengan hastag #harianjogja #BOBLawanCovid19 #BPJSKesehatan #DariMaskerKitaLawanCovid19 pada materi desain.

Ela menambahkan bahwa masker tidak hanya berfungsi sebagai alat pencegahan terhadap percikan atau droplet. Masker juga merupakan simbol toleransi kepada orang lain. Dengan rancangan desain masker yang unik sekaligus berisi pesan menggelitik, peserta dapat berperan mengajak masyarakat untuk tetap setia menjalankan protokol kesehatan.

"Poin utama dari lomba desain masker itu dinilai dari segi artistik, inovasi, dan utilitas. Jadi selain kreatif dan orisinil, masker juga harus mampu menyampaikan pesan-pesan terhadap pencegahan dini Covid - 19," ujarnya, Selasa (16/6/2020).

Sementara itu, dalam lomba video kreatif peserta diajak untuk ikut menggerakkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Dengan mengusung tema kreatif menghadapi Covid-19, peserta dituntut untuk kreatif mengajak warga berani menghadapi Covid-19.

"Video menjadi media yang tepat dalam berkampanye mengajak warga menerapkan protokol pencegahan virus selama berkegiatan memenuhi kebutuhan pribadi atau membantu sesama warga yang membutuhkan," tambah Ela.

Sebelum mengikuti lomba, peserta diharuskan mengisi formulir pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik link https://bit.ly/2YUFjNrP . Peserta lomba terbuka untuk WNI dari seluruh wilayah Indonesia. Video yang dibuat memuat tema "Kreatif Melawan Covid - 19" dengan ketentuan durasi maksimal 1 menit dan tidak mengandung unsur SARA. Periode kompetisi akan dimulai Senin (29/6/2020) hingga Sabtu (18/7/2020) mendatang.

Video lomba kemudian diunggah melalui akun Instagram pribadi dengan menandai akun @gojekindonesia, @alfamart, @pln_id, @kominfodiy, dan @harianjogja. Sertakan juga hastag #LombaVideoKreatifHarianJogja #GojekIndonesia dan #AlfamartMelayaniIndonesia. Pada akhir video, jangan lupa cantumkan logo Harian Jogja, Gojek, PLN, Diskominfo DIY dan Alfamart.