Advertisement

Bersiap New Normal, Destinasi Wisata di Lereng Merapi Ditata

Newswire
Selasa, 16 Juni 2020 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bersiap New Normal, Destinasi Wisata di Lereng Merapi Ditata nWisatawan asing melintas di lereng Gunung Merapi wilayah Kaliadem, Cangkringan, Sleman, setelah terjadi erupsi, Selasa (3/3/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Dalam rangka menghadapi tatanan baru pariwisata pada masa pandemi Covid-19, masyarakat di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, mulai berbenah melakukan penataan sejumlah destinasi wisata di kawasan lereng Gunung Merapi. 

"Sejak beberapa waktu lalu kami sudah melakukan penataan seluruh destinasi wisata di Kepuharjo sesuai dengan panduan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19," kata tokoh masyarakat Desa Kepuharjo, Cangkringan Heri Suprapto di Sleman, Selasa (16/6/2020). 

Advertisement

Menurut dia, di Desa Kepuharjo sendiri terdapat lebih dari 10 destinasi wisata yang selama ini banyak dikunjungi masyarakat dan memberikan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

"Selama pandemi Covid-19 ini memang sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat Kepuharjo yang saat ini banyak mengandalkan sektor pariwisata. Harapannya dengan penerapan protokol kesehatan ini, objek wisata dapat kembali dibuka," katanya.

Ia mengatakan langkah yang telah dilakukan untuk penerapan protokol kesehatan di antaranya dengan pemasangan tempat cuci tangan, mewajibkan pengunjung memakai masker, menyediakan hand sanitizer, dan pengecekan suhu tubuh pengunjung.

"Selain itu juga pengaturan alur dan jumlah pengunjung. Petugas bagian tiket menggunakan masker, sarung tangan, dan face shield, serta selalu dilakukan penyemprotan disinfektan," katanya.

Heri mengatakan destinasi wisata andalan di Desa Kepuharjo di antaranya Museum Sisa Hartaku, The Lost World, Bungker Kaliadem, Taman Bunga, Stone Hank, Batu Alien, Jip Wisata Lava Tour dan masih banyak destinasi lainnya.

"Sedangkan untuk sektor kuliner ada juga wisata Kopi Merapi Petung, Kebun Sayur, Susu Sapi, dan lainnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement