Unik, Pohon Pisang di Temon Ini Berbuah hingga Tiga Tandan

Suwarsono menunjukkan pohon pisang berbuah tiga tandan di pekarangan rumahnya di Dusun Kedung Banteng, Kalurahan Temon Kulon, Kapanewon Temon, Selasa (23/6/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
23 Juni 2020 22:12 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com KULONPROGO—Pohon pisang pada umumnya hanya berbuah satu tandan. Namun di Kulonprogo, terdapat sebuah pohon pisang yang mampu menghasilkan tiga buah tandan dalam satu waktu.

Pohon pisang unik itu tumbuh di pekarangan rumah milik Suwarsono, 45, warga Dusun Kedung Banteng, Kalurahan Temon Kulon, Kapanewon Temon. Memiliki tiga buah tandan membuat pohon pisang ini terlihat begitu berbeda dibandingkan pohon pisang lainnya yang tumbuh di pekarangan tersebut. "Kalau biasanya kan cuma satu tandan, tetapi yang ini bisa tiga sekaligus," ujar Suwarsono saat ditemui awak media di rumahnya, Selasa (23/6/2020).

Suwarsono menyadari adanya keanehan pohon pisang tersebut ketika mulai berbuah pada awal Juni 2020. "Waktu itu baru kelihatan dua tandan, enggak lama kemudian muncul satu tandan lagi seperti sekarang," ucapnya.

Dia menuturkan pohon pisang jenis ambon ini sudah tumbuh di pekaranganya sejak dua tahun lalu. Bibit pohon itu ia peroleh dari saudaranya yang berasal dari Lampung. Setiap tahun, pohon tersebut selalu menghasilkan buah. Namun baru kali ini pohon ini bisa berbuah hingga tiga tandan. "Enggak tahu kenapa bisa seperti itu, padahal perawatan biasa saja, hanya dipupuk," ujarnya.

Suwarsono tidak berencana menjual pohon pisang ini. Jika nanti sudah matang, ia memilih membagikan buah yang dihasilkan pohon tersebut kepada warga sekitar.

Keunikan pohon pisang ini menarik perhatian masyarakat. Tak sedikit yang datang ke rumah Suwarsono hanya untuk melihat langsung pohon pisang tersebut. Salah satunya Mujiono. Dia mengaku mendapat informasi tentang keunikan pohon pisang itu dari rekannya yang tinggal di Kedung Banteng. Karena penasaran ia lantas mendatangi langsung lokasi tumbuhnya pohon pisang tersebut. "Penasaran saja, soalnya baru tahu kalau ada pohon pisang yang bisa berbuah hingga tiga tandan," ujarnya.