BNNP DIY Peringati HANI 2020

Logo HANI 2020. - Ist
27 Juni 2020 10:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebagai wujud keprihatinan sekaligus kepedulian terhadap ancaman bahaya narkoba, setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) dimana kegiatan ini adalah sebuah peringatan yang penting untuk menyadarkan dan membangun solidaritas bangsa sedunia, agar bersama– sama mencegah dan memberantas Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Kepala BNNP DIY Brigjen Pol I Wayan Sugiri menjelaskan pada tahun ini HANI mengangkat tema HIDUP 100% : Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba. Slogan / tagline baru #Hidup100Persen merupakan perubahan citra BNN sebagai garda utama Pencegahan dan pemberantasan narkoba dengan mengubah pola Otoritatif menjadi aspiratif dan yang terkesan Kaku menjadi Fleksibel.Selama ini sudah banyak larangan yang tidak terbukti menjadi sebuah larangan.

“Masyarakat membutuhkan alternatif lain untuk menikmati hidup tidak hanya tanpa narkoba tapi sepenuhnya dengan mulai melakukan ajakan untuk#Hidup100Persen. Ketika sepenuhnya #Hidup100Persen, maka dimensi sadar – sehat – produktif dan bahagia menjadi capaian yang diharapkan. Dengan sadar, makam enikmati hidup dengan sadar akan internal diri maupun apa yang terjadi di situasi sekitar,” terangnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (27/6/2020).

Ia menambahkan dengan Sehat, maka menikmati hidup dengan pola hidup yang sehat baik mengkonsumsi makanan, kebugaran fisik maupun kesehatan mental yang terjaga. Dengan Produktif, menikmati hidup dengan selalu menghasilkan karyadalam bidang atau pekerjaan apapun yang ditekuni. Pada akhirnya pilihan hidup dengan #Hidup100Persen diharapkan menjadi sebuah gerakan masal yang menjadi solusi aspiratif dan hidup bahagia, sehat tanpa narkoba.

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020 diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan seluruh dunia.Tahun ini peringatan HANI tahun 2020 diselenggarakan dengan menggunakan teknologi secara virtual, namun tidak mengurangi kekhidmatan dan tujuan mulia dalam memberantas narkoba di Indonesia.

Menurutnya Di Yogyakarta, peringatan HANI dihadiri Forkompinda DIY pada Jumat (26/6/2020) dilaksanakan secara virtual serta disiarkan secara langsung oleh media elektronik dan live streaming media sosial yang dimiliki oleh BNN dan jajarannya.

“Dan tahun ini, salah satu relawan dari Yogyakarta berhasil mendapatkan penghargaan tersebut yaitu Bapak Reno Candra Sangaji, SIP yang adalah Lurah Desa Condong Catur. Kiprah beliau dalam upaya P4GN selama bertahun-tahun memang sangat layak untuk menjadi contoh dan mendapatkan apresiasi,” ujarnya.