Advertisement

Sudah Dibuka, Masuk Wisata Taman Sari Wajib Scan Kode QR

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 08 Juli 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Sudah Dibuka, Masuk Wisata Taman Sari Wajib Scan Kode QR Petugas objek wisata Taman Sari saat melakukan pengecekan suhu tubuh pengunjung sebelum memasuki kawasan Taman Sari, Kraton, Yogyakarta, Rabu (8/7/2020).-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Objek wisata Taman Sari telah dibuka untuk umum per hari ini setelah ditutup selama kurang lebih empat bulan lamanya. Namun, kali ini pengunjung diminta untuk memindai barcode sebelum masuk ke objek wisata yang ada di kompleks Kraton Ngayogyakarta tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan jika peluncuran QR Code di Taman Sari berfungsi untuk mempermudah gugus tugas melakukan tracing cepat ketika terdapat seorang pengunjung yang dinyatakan positif Covid-19.

Advertisement

"Sistem scanning barcode ini mampu mempercepat tracing jika ada kasus positif Covid-19 yang ditemukan. Nantinya, bisa cepat diblok agar bisa diputus penyebarannya. Sehingga pengunjung juga memasukkan identitas pribadi sebelum berkunjung ke Taman Sari," ujar Heroe saat peluncuran QR Code di Taman Sari, Rabu (8/7/2020).

Prosedur scanning barcode sebelum masuk ke objek wisata Taman Sari bagi pengunjung maupun wisatawan juga diharapkan mampu mendukung upaya Pemkot Yogyakarta dalam penerapan protokol pencegahan penularan Covid-19 secara ketat di sejumlah objek wisata maupun ruang publik.

"Dari pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan juga physical distancing Harus diterapkan. Standar optimal yang harus dilakukan saat ini di tengah pandemi Covid-19. Jangan sampai dibuka ini jadi ada klaster Taman Sari," ungkap Heroe.

Adapun, proses scanning barcode bagi pengunjung maupun wisatawan yang ingin masuk ke Taman Sari terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui. Di antaranya, pertama pengunjung melakukan scanning barcode di lokasi objek wisata Taman Sari.

Kemudian, secara otomatis akan terkirim sebuah pesan dari admin melalui WhatsApp di pengunjung maupun wisatawan dan kemudian mereka akan diarahkan untuk mengklik tautan yang dikirimkan via WhatsApp tersebut yang berisikan konfirmasi lokasi kunjungan dan link warna biru yang mengarah ke QR Code diri.

QR code diri tersebut berisikan informasi waktu sekarang, nomor WhatsApp, nama lokasi, waktu kunjungan masuk. Dibawahnya, terdapat tombol virtual bertuliskan keluar lokasi untuk wisatawan yang hendak keluar dari lokasi Taman Sari.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Ingin Pindahkan Warga Gaza ke Sinai, Mesir Menolak

News
| Kamis, 23 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement